Hasil SKM Disdukcapil Triwulan I Alami Kenaikan

Banda Aceh – Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh pada Triwulan I Tahun 2024 mengalami kenaikan dibandingkan hasil SKP Triwulan IV Tahun 2023.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banda Aceh, Dra. Emila Sovayana, M.Si pada Kamis (18/04/2024) di Kantornya.

Emila mengatakan berdasarkan pengukuran terhadap kualitas ada sembilan unsur yang diukur sehingga hasil SKM yang diperoleh sebesar 99,147 dengan nilai rata-rata indeks kepuasan masyarakat sebesar 3,96.

“Jika dibandingkan dengan hasil SKM Triwulan IV (Oktober-Desember) tahun 2023 terjadi kenaikan skor pada hasil SKM Triwulan I (Januari-Maret) tahun 2024 sebesar 1,225 poin dan kenaikan nilai rata-rata indeks kepuasan masyarakat tertimbang naik sebesar 0,05,” kata Emila.

Dengan demikian, kata Emila kinerja unit pelayanan Disdukcapil Kota Banda Aceh berada dalam Mutu Pelayanan A dengan kategori sangat baik karena berada pada interval konversi SKM 88,31-100,00.

Emila menjelaskan survey kepuasan masyarakat ini untuk mengetahui kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur dalam penyelenggara pelayanan publik dan untuk mengetahui kinerja penyelenggara pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan publik secara periodik.

Oleh karena itu, Emila menambahkan kedepannya Disdukcapil akan terus melakukan perbaikan-perbaikan pada segala lini demi meningkatkan kualitas dalam pemberian pelayanan serta memberikan kepuasan kepada masyarakat.(Rid/Hz)

Facebook Comments