DLHK3 Antisipasi Kekeringan Tanaman di Bulan Puasa

Banda Aceh- Salah satu dampak dari kondisi cuaca yang tidak stabil adalah terjadinya kemarau di sejumlah wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Kota Banda Aceh. Sehingga mengakibatkan tanaman hijau yang ditanam di sepanjang ruas jalan protokol rentan mengalami layu, bahkan terdapat beberapa tanaman yang mati karena kekeringan.

Karena itu, Pemerintah Kota (Pemko) melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh melakukan penyiraman rutin terhadap tanaman di sepanjang jalan protokol di Kota Banda Aceh.

Penyiraman ini dilakukan menggunakan mobil tangki yang dilengkapi dengan tong berisi air untuk disiramkan ke tanaman-tanaman yang ada di sepanjangan ruas jalan perkotaan.

Menanggapi hal diatas, Kepala DLHK3 Banda Aceh Hamdani Basyah, SH.,M.Si., mengatakan bahwa aksi ini merupakan salah satu tupoksi dinas terkait dan rutin dilakukan setiap harinya.

“Ditengah bulan suci Ramadhan, kita pastikan para tim kebersihan tetap bekerja dengan maksimal. Salah satunya memastikan kondisi tanaman-tanaman di median jalan tetap terawat dengan baik ya. Setiap harinya, kita rutin lakukan penyiraman berkala (Shift pagi dan malam).”Jelas Hamdani, Rabu (27/3/2024).

Selanjutnya, penyiraman telah dilakukan tersebut bertujuan untuk menghindari kemungkinan adanya tanaman  yang  mati di area pembatas jalan dan pinggiran jalan.

Untuk memastikan aksi tersebut berjalan dengan efektif, Tim DLHK3 yang dikoordinasikan oleh Sabri itu memastikan pihaknya telah mengerahkan lima (5) armada yang bertugas melakukan penyiraman tanaman disepanjang kawasan median jalan Kota Banda Aceh.

Hal tersebut dipastikan langsung oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Pengelolaan Lingkungan (BP2L), Heriady Farhas, SE., saat dijumpai oleh tim liputan.

“Kita sudah kerahkan lima (5) armada penyiraman ke ruas-ruas jalan perkotaan ya, untuk memastikan semua tanaman itu disiram.” Terang Heriady.

Ia juga menambahkan bahwa masing-masing petugas telah dilengkapi alat kerja  seperti mobil tangka, selang air dan atribut kerja.

Harapannya, seluruh warga kota dapat berpartisipasi memastikan lingkungan sekitar tetap terjaga kebersihan dan keindahannya. Dengan demikian, akan terwujudnya Kota Banda Aceh yang bersih, indah dan asri.

“Yaa harapannya itu,kita sama-sama menjaga lingkungan kota agar selalu bersih, indah dan asri. Jika mendapati keluhan terkait lingkungan, dapat melaporkannya langsung via Call & WhatsApp Center DLHK3 di 08116788444 atau dapat melalui akun media sosial DLHK3 Banda Aceh.” Pungkasnya. [U].

Facebook Comments