Ciptakan Lingkungan Bersih, Peunyeurat Laksanakan Lomba Rumah Sehat

Banda Aceh – Dalam upaya mendorong gaya hidup sehat dan lingkungan yang bersih, Pemerintah Gampong Peunyeurat mengadakan lomba rumah sehat. Lomba ini merupakan bagian dari inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya lingkungan dan rumah yang sehat.

Keuchik gampong Peunyeurat mengatakan lomba rumah sehat ini merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat. “Semua peserta telah menunjukkan semangat yang luar biasa dalam menerapkan praktik-praktik sehat di lingkungan mereka,” tutur T. Ismed Fadhillah di kantornya, Rabu (10/01/2024).

Adapun kriteria penilaian lomba mencakup beberapa aspek penting, seperti persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, pemberian ASI eksklusif pada bayi, menimbang balita minimal 8 kali setahun, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun.

Kemudian menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah sekali dalam seminggu, makan sayur dan buah setiap hari, melakukan aktifitas fisik dan tidak merokok di dalam rumah. “Setiap rumah tangga peserta diharapkan dapat menjadi contoh bagi yang lainnya dalam menerapkan praktik sehat ini,” harapnya.

Pemenang lomba akan dinilai berdasarkan skor tertinggi dari penilaian juri independen yang terdiri dari DPMG Banda Aceh, Puskesmas Banda Raya, Kecamatan dan kader kesehatan. Hadiah-hadiah menarik telah disiapkan untuk mendorong partisipasi aktif dan memberikan penghargaan kepada rumah tangga yang berhasil menunjukkan komitmen terhadap rumah sehat.

Selanjutnya, semangat kompetisi dalam lomba ini diharapkan dapat menjadi pendorong bagi seluruh masyarakat desa untuk terus memperbaiki lingkungan mereka dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan rumah tangga.

“Keberhasilan lomba ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya untuk mengadopsi inisiatif serupa guna menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan bersih bagi semua warganya,” ungkap Ismed.(TM/Hz)

Facebook Comments