Diskominfotik Hadiri Konreg PDRB-ISE, Bahas Pemulihan Pertumbuhan Ekonomi

Banda Aceh – Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banda Aceh Fadhil, S.Sos, MM mengikuti acara pembukaan Konsultasi Regional Produk Domestik Regional Bruto Dan Indikator Sosial Ekonomi (PDRB-ISE) Se-Sumatera Tahun 2022, di Anjong Mon Mata, komplek Meuligoe Gubernur Aceh, Rabu (7/12/2022).

Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh Iskandar AP, saat membacakan sambutan Gubernur Aceh mengatakan Pulau Sumatera merupakan penyumbang kegiatan ekonomi terbesar kedua setelah Pulau Jawa, bagi perekonomian Indonesia. Meskipun sempat terdampak Pandemi Covid 19, saat ini di Sumatera dan Indonesia secara umum sudah mulai bangkit.

“Demi mempercepat proses pemulihan ini, baik dari aspek sosial dan ekonomi, sangat diperlukan kolaborasi antar wilayah. Di sinilah pentingnya kegiatan konsultasi regional ini, yang juga dihadiri oleh para pemangku kebijakan perencana dan penyedia data. Kita semua tentu optimis, hasil dari pertemuan ini mampu mempercepat proses pemulihan sosial ekonomi di wilayah Sumatera,” ujar Iskandar.

Sebagaimana diketahui, tahun 2022 ini Aceh menjadi tuan rumah penyelenggaraan PDRB-ISE wilayah Sumatera, berdasarkan Prakarsa Sriwijaya yang merupakan hasil kesepakatan dan rekomendasi dari Konreg PDRB-ISE Tahun 2019 di Palembang yang lalu.
Kadis Kominfotik Kota Banda Aceh Fadhil, S.Sos, MM mengatakan bahwa dari kegiatan tersebut harus selalu fokus terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Memang kalau kita lihat dari kegiatan tersebut, kita tahu bahwa pertumbuhan ekonomi di Sumatera lebih rendah dari Indonesia. Di mana Indonesia indexnya 5.40%, sedangkan Sumatera 4.51% namun Aceh justru lebiih rendah yaitu 3.23 %. Maka dari itu, kita harus lebih cermat untuk segera mengambil langkah trategi, walau dilihat Aceh, Alhamdulillah pertumbuhannya cukup baik,” Kata Fadhil.

Sejumlah pembicara nasional dihadirkan pada kegiatan ini, di antaranya Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS RI Moh. Edy Mahmud, yang juga membuka secara resmi Konreg PDRB-ISE. Dalam welcome speechnya, Edy menyampaikan materi berjudul ‘Mendorong Pembangunan Ekonomi Sumatera yang Inklusif’.

Usai pembukaan dan welcome speech, konreg dilanjutkan dengan diskusi panel yang menghadirkan Direktur Perencanaan Makro dan Analisis Statistik BPS RI Eka Chandra Buana, yang menyampaikan materi berjudul ‘Pemanfaatan Data PDRB untuk Perencanaan Pembangunan, serta sejumlah pemateri lainnya.(Hz)

Facebook Comments