Diskominfotik Kerja Sama dengan USK, Jalani Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Banda Aceh – Dinas Komunkasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banda Aceh melakukan kerja sama Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bersama Jurusan Statistika Fakultas Mipa Universitas Syiah Kuala ( USK), Kamis (8/12/2022).

Pertemuan antara kedua pihak tersebut merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya yang bertujuan untuk menempatkan mahasiswa USK Jurusan Statistika yang berjumlah kurang lebih 20 orang untuk melakukan kuliah di luar kampus.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banda Aceh Fadhil, S.Sos, MM mengatakan bahwa pertemuan ini untuk mengetahui apa output yang diinginkan oleh kampus dan apa yang diinginkn OPD.

“Pada dasarnya mereka sama seperti kuliah namun dengan praktek langsung di lapangan. Maka dari itu harus kita perjelas apa yang diinginkan kampus dan apa yang menjadi output bagi OPD terkait karena nanti mahasiswa akan kita tempatkan di beberapa OPD sesuai dengan bidangnya,” jelas Fadhil.

Kata Fadhil, selama ini Diskominfotik merupakan wali data untuk Kota Banda Aceh sedangkan BPS merupakan Pembina data.

“Sebagai wali data sudah tentu kita melakukan open data untuk mewujudkan satu data Indonesia. Maka dari itu mungkin para mahasiswa nantinya kita harapakan bisa membantu OPD juga terkait hal ini,” katanya.

Ketua Prodi Jurusan Statistika USK Dr. Zurnila Marli Kesuma mengatakan pihaknya berharap bahwa nantinya mahasiswa ditempatkan pada bidang yang sesuai dengan jurusan mereka sehingga bisa menerapkan apa yang sudah dipelajari.

“Kita berharap mahasiswa diberikan ruang yang cocok dan sesuai dengan apa yang selama ini mereka pelajari,” ucap Zurlina atau yang akrab disapa Lili.

Nantinya apabila output yang diinginkan sudah jelas, mahasiswa akan mulai melakukan kuliah di lapangan pada Januari atau Februari dengan masa 20 SKS.

“Jadi nanti bagaimana OPD bisa memberikan mereka praktek sama dengan 20 SKS yang ada di kampus,” katanya lagi.

Pada pertemuan tersebut turut hadir Kabid Statistik Dikominfotik Kota Banda Aceh Jauhari, ST, serta para pegawai Statistik lainnya. (Hz)

Facebook Comments