Bakri Siddiq Serahkan Rumah untuk Warga Duafa Lhong Raya

Banda Aceh – Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq menyerahkan rumah bantuan kepada Sri Herlina, warga duafa Gampong Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya, Kamis, 24 November 2022.

Penyerahan kunci secara simbolis turut disaksikan oleh Ketua Komisi IV DPRK Banda Aceh M Arifin, Plh Baitul Mal Kota Banda Aceh Surya Darma, Camat Banda Raya Rahmat Kadafi, Keuchik Gampong Lhong Raya Ahmad Badrun, dan unsur muspika lainnya.

Penerima manfaat, Sri Herlina, seorang janda yang hidup bersama tiga orang anaknya sebelumnya tinggal di rumah yang jauh dari kata layak. Gubuk reot berdinding dan beralas kayu lapuk kini berganti rumah layak huni. Adapun dana pembangunan rumah bersumber dari zakat para muzakki yang disalurkan tepat sasaran oleh Pemko Banda Aceh melalui Baitul Mal.

Dalam sambutannya, Bakri menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para muzakki yang telah menitipkan zakat kepada Baitul Mal Banda Aceh. Ia juga turut berterima kasih kepada Camat, Keuchik, dan seluruh jajaran yang telah berpartisipasi dalam proses inventarisir dan pembangunan rumah tipe 36 plus tersebut.

“Untuk rumah duafa ini, pertama ada program dari pemerintah pusat, ada juga dari BUMN, dan ada pula dari dana zakat yang terkumpul dari para muzakki sehingga jadilah rumah yang bermanfaat seperti ini,” kata Bakri.

Pj wali kota berharap, dengan adanya bantuan dari berbagai pihak, warga Banda Aceh ke depannya tidak ada lagi yang tinggal di tempat yang tak layak huni. “Kami mengimbau kepada warga yang berkelebihan (harta) untuk menyisihkan sedikit, berbagi kepada mereka masyarakat fakir dan miskin di Banda Aceh,” ucap Bakri.

“Saya kira ini tabungan akhirat. Atas nama Pemko Banda Aceh, saya berterima kasih kepada para muzakki yang telah berzakat melalui baitul mal, dan semua pihak yang telah mendukung,” ucapnya lagi.

Kepada Sri Herlina, Bakri mengharapkan agar rumah tersebut dapat ditempati dengan baik bersama ketiga anaknya. “Kita harus bersyukur, saya ikut bahagia karena anak Ibu Lina ini penghafal al-Quran. Inilah generasi islam yang membawa kesejukan dan kedamaian serta berkah bagi orang tuanya,” kata Bakri.

Sementara itu, Plh Baitul Mal Surya Darma mengatakan, sejatinya, Baitul Mal tidak membangun rumah, tapi membantu biaya pembangunan rumah. “Selama 2022 ini, kita sudah membantu pembangunan 30 rumah bagi warga miskin dan rehab sebanyak 10 unit rumah.

Penerima rumah, Sri Herlina, menyampaikan terima kasih atas bantuan dan kepedulian pemerintah yang telah mewujudkan mimpinya memiliki istana baru dalam membesarkan anak-anaknya.

“Terima kasih Bapak Pj Wali Kota Bakri Siddiq, kepada pemberi zakat, kepada Baitul Mal, kepada Bapak Dewan, Camat dan Pak Keuchik yang telah mewujudkan mimpi saya untuk memiliki rumah layak huni yang bisa saya tempati bersama keluarga,” ucap Herlina.

Facebook Comments