Santri Dayah dari Banda Aceh Lolos ke Ajang POSPENAS IX Wakili Provinsi Aceh

Banda Aceh – Santri perwakilan dayah Banda Aceh wakili Provinsi Aceh lolos ke ajang Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) IX di Surakarta, Jawa Tengah. Kegiatan lomba akan berlangsung mulai 22-28 November 2022.

Diantaranya 3 dari Dayah Darul ‘Ulum Banda Aceh yaitu Durratul Irfana mewakili lomba Kaligrafi Putri, Wilda Yasrina mewakili lomba Pidato Bahasa Arab Putri dan Yunus Mutawwali mewakili lomba Pidato Bahasa Indonesia dan satu perwakilan dari Dayah Terpadu Inshafuddin Ahmad Ata Zayyan untuk cabang lomba Pidato Bahasa Inggris Putra.

Atas pencapaian tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Banda Aceh yang diwakili oleh Kabid SDM dan Manajemen, Muhammad Syarif, S.HI, M.H menyampaikan apresiasi, pada tahun ini Banda Aceh berhasil mengirimkan 4 utusan ke nasional yaitu 3 berasal dari Dayah Modern Darul ‘Ulum dan 1 berasal dari Dayah Terpadu Inshafuddin.

“Alhamdulillah, ini membuktikan kompetensi santri dayah di Banda Aceh dapat diandalkan di level nasional,” ucapnya bangga.

Pelepasan peserta telah dilaksanakan pada Sabtu (19/11/2022) di Hotel Seventeen, Banda Aceh oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Zahrol Fajri.
keempatnya mewakili Kontingen Aceh setelah mengikuti beberapa tahapan seleksi mulai dari tingkat kabupaten/kota kemudian berhasil memenangkan seleksi di tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Aceh.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh Dr. Iqbal S.Ag, M.Ag saat pelepasan Kontingen Aceh mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan para kontingen Aceh untuk dapat mengikuti POSPENAS ke IX.

Wakil Pimpinan Bidang Pengajaran Santri Dayah Darul ‘Ulum Banda Aceh Ustaz Rizki Rahimullah S.Hum sangat mengapresiasi perjuangan para santri yang mempersiapkan diri sehingga bisa lolos ke Nasional.

“Melihat keseriusan mereka mempersiapkan diri untuk POSPENAS ini kami rasa sangat layak mereka mewakili Aceh, semoga mereka bisa mengukir prestasi yang membanggakan Aceh dan Darul ‘Ulum,” Ujarnya.

Perwakilan dari wali santri Nazriati mengatakan sangat bangga melihat putra-putrinya bisa ke tahap nasional dan ini merupakan harapan setiap orang tua. “Semoga ananda dapat memperoleh hasil yang terbaik,” ungkapnya saat ditemui di Bandara Sultan Iskandar Muda.(Hus/Hz)

Facebook Comments