Kaban Kesbangpol: Perempuan Punya Peran Strategis dalam Penyeimbangan Politik

Banda Aceh – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Kota Banda Aceh, Heru Triiwijanarko S.STP., M.Si menjadi narasumber acara Pelatihan Politik dan Hukum Bagi Perempuan di Kota Banda Aceh,  Senin (21/11), di Hotel Hijrah Inn Banda Aceh.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Banda Aceh, yang dilatarbelakangi oleh fenomena masih rendahnya keterwakilan perempuan di dunia perpolitikan, yang berpengaruh terhadap isu kesetaraan gender. Oleh sebab itu pelatihan ini menjadi penting dalam rangka peningkatan partisipasi perempuan dalam setiap pengambilan keputusan politik yang lebih substansial.

Peserta kegiatan ini berasal dari Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) yang terdiri dari perempuan dari Partai Aceh, Nasdem, Golkar, PDIP, PKS, PPP, Demokrat dan PAN.

Kaban Kesbangpol Heru dalam kesempatan itu menyampaikan materi dengan judul “Peluang dan Kiprah Perempuan dalam Politik”.

Heru mengatakan, Pemerintah Kota Banda Aceh tiada henti-hentinya memberikan pemahaman dan pendidikan politik bagi kaum perempuan yang bertujuan untuk membebaskan perempuan dari ketidaksetaraan gender, dengan tidak meninggalkan kodratnya sebagai kaum perempuan.

“Ini bisa kita lihat dari sudah sudah banyaknya figur perempuan yang mulai bermunculan, baik di instansi pemerintah, anggota DPR, maupun yang duduk sebagai gubernur dan walikota serta bupati,” Ujar Heru.

Lebih lanjut Heru mengatakan perempuan mempunyai peran yang sangat strategis dalam memberi warna penyeimbang bagi dunia politik, bukan sekedar penyetaraan gender semata tetapi juga memberikan perannya dalam hubungan sosial, politik, ekonomi dan kemasyarakatan.

“Ini semua dapat terwujud jika diberikan peluang yang luas kepada perempuan untuk mengembangkan bakat dan potensi yang ada pada diri mereka”, tutup Heru.[Adi/Sri]

Facebook Comments