Saweu Hotel, Upaya Satpol PP WH Kota Banda Aceh Optimalkan Pelaksanaan Syariat Islam

Banda Aceh – Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh melalui Bidang Penegakan Syariat Islam terus melakukan berbagai upaya untuk memastikan pelaksanaan Syariat Islam berjalan maksimal di Kota Banda Aceh.

Selain gencar melakukan penegakan, Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh juga rutin melaksanakan upaya pencegahan. Salah satu langkah preventif yang belakangan kerap dilakukan adalah Saweu Hotel.

Pelaksana Tugas (plt) Kasatpol PP dan WH Kota Banda Aceh, Muhammad Rizal, S.STP, M.Si melalui Kepala Bidang Penegakan Syariat Islam (PSI), Roslina, S.Ag, M.Hum menyebutkan bahwa Saweu Hotel merupakan salah satu program andalannya di tahun 2022 ini.

“Sesuai dengan namanya, ya. Kita berkunjung ke penginapan-penginapan yang beroperasi di Kota Banda Aceh untuk bersilaturrahmi sekaligus kita ajak mereka agar senantiasa taat terhadap aturan yang berlaku, khususnya aturan-aturan yang berhubungan dengan penegakan Syariat Islam,” sebut mantan Kasi Bina Generasi Muda dan Kader Dakwah Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh itu, Selasa (22/11/2022).

Masih menurut Roslina, dalam kunjungan tersebut pihaknya tidak hanya mengajak pengelola penginapan untuk taat aturan saja, namun secara aktif para personil yang turun ke lokasi juga melakukan pengecekan untuk memastikan kesesuaian operasional sehari-hari dengan ketentuan yang berlaku.

“Momen silaturrahmi ini juga kita manfaatkan untuk melakukan pengecekan izin operasional, kemudian kita cek juga apakah ada papan himbauan yang mencantumkan larangan untuk berbuat maksiat. Pastinya kita juga mengecek apakah di tempat tersebut terdapat minuman beralkohol atau tidak,” terang Roslina.

Nantinya, sebut Roslina, silaturrahmi tersebut akan dibarengi dengan rekomendasi-rekomendasi kepada pihak pengelola penginapan agar semakin pro syariat dalam menjalankan usahanya.

Hingga Senin (21/11/2022) kemarin pihaknya telah mengunjungi 8 penginapan dengan klasifikasi berbeda-beda.

“Dari 8 penginapan yang sudah kita kunjungi di November ini, mayoritas adalah hotel bintang 2 dan 3, ada juga homestay, dan kost-kostan harian dan bulanan,” sebut Roslina

Perempuan yang juga pernah menjabat sebagai Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Kota Banda Aceh ini menargetkan bisa bersilaturrahmi keseluruh penginapan yang ada di Kota Banda Aceh.

“InsyaAllah, kita usahakan akhir tahun ini semua penginapan yang ada di Kota Banda Aceh bisa kita kunjungi semuanya,” tutup Roslina.[]

Facebook Comments