Dinkes Kota Banda Aceh Gelar Lomba Balita Sehat Untuk Cegah Stunting

Banda Aceh – Dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional HKN ke 58, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh menyelenggarakan lomba balita sehat di aula setempat, Senin (24/10/2022).

Adapun kegiatan ini dibuka Sekretaris Dinkes Nita Adlina didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat Syukriah yang dihadiri oleh 33 orang Balita Usia 2-5 tahun dan 11 Tim Penilai Gizi dari 11 Puskesmas Kota Banda Aceh.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Nita Adlina mengapresiasi kegiatan balita sehat ini karena menjadi upaya dan ikhtiar untuk mencegah stunting sehingga proses tumbuh kembang anak menjadi optimal menuju terciptanya keluarga bahagia dan berkualitas.

“Kriteria penilaian balita sehat tingkat Kota Banda Aceh meliputi status gizi, pemberian ASI, pemeriksaan fisik seperti pengukuran tinggi badan, berat badan,” tutur Sekretaris Dinkes Kota Banda Aceh.

“Kemudian juga mengukur lingkar lengan atas, pemeriksaan gigi dan gusi, pemberian MP-ASI, pemberian kapsul vitamin A serta pemeriksaan tahapan perkembangan anak mulai usia 2 s/d 5 tahun,” tambah Nita.

Nita berharap, kegiatan ini dapat memotivasi para orang tua dengan tujuan mempersiapkan anak yang sehat, produktif dan meningkatkan pengetahuan orang tua dalam setiap tumbuh kembang balita serta meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat

Sebagai informasi, pemenang lomba balita sehat ini akan mendapatkan hadiah yang akan diterima di acara puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) tanggal 12 November 2022.(TM/Hz)

Facebook Comments