Wali Kota Banda Aceh Komit Dukung Gerakan Keamanan Pangan Desa

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman berkomitmen dalam mendukung kegiatan Gerakan Keamanan Pangan Desa yang merupakan program pemerintah pusat.

Hal ini terbukti dari terpilihnya Gampong Rukoh Kecamatan Syiah Kuala sebagai Desa Pangan Aman yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM).

“Program seperti ini sangat penting untuk memastikan makanan yang dikonsumsi oleh warga terjamin keamanannya dari benda benda yang berbahaya bagi kesehatan,” kata Aminullah saat menyerahkan plakat penghargaan kepada Keuchik Rukoh lr. Jarimin lsmail yang diwakili oleh Sekretaris Desa pada acara Monev Program Desa Pangan, Selasa (30/11/2021) di Grand Permata Hati hotel.

Program dan kegiatan yang terkait dengan Desa Aman Pangan di Gampong Rukoh dilakukan melalui pemanfaatan Dana Desa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perikanan dan Kelautan (DPPKP) DR. Drs.Samsul Bahri, M.Si, mengatakan bahwa menjaga keamanan pangan bukan hanya menjaga pangan dari zat berbahaya pada saat akan dimakan saja, akan tetapi menjamin pertumbuhan, pemeliharaan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat juga sama pentingnya.

“Sehingga makanan yang dikonsumsi oleh warga Kota Banda Aceh terjamin keamanannya, dan akhirnya dapat meningkatkan kecerdasan generasi yang akan datang,” ungkapnya.

Adapun diantara beberapa indikator Desa Pangan Aman adalah adanya kader keamanan pangan di desa untuk mengedukasi komunitas desa dan adanya komitmen yang tinggi dari semua pihak utamanya pemerintah daerah.(Ah/Hz)

Facebook Comments