Penguatan Pancasila, Bakesbangpol Banda Aceh Terima Kedatangan BPIP RI

Banda Aceh – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Banda Aceh Bachtiar S.Sos, sambut baik kunjungan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia dalam rangka membentuk Jejaring Panca mandala di Kota Banda Aceh pada tahun 2022, pertemuan berlangsung di ruang kerjanya, Kamis (28/10/2021).

Ketiga tamu BPIP RI tersebut yaitu Eko Budiyanto, Kepala Sub Direktorat Hubungan Antar Kementerian/Lembaga, Dhimas Rahmaputra Analis Kerjasama dan Ibnu Zaenal Fikri R merupakan Pengelola Pelaksanaan Program Kelembagaan dan Kerjasama serta didampingi oleh Kabid Bina Ideologi Kesbangpol Aceh dan Kabid Bina Ideologi Kesbangpol Kabupaten Aceh Barat.

Kepala Bakesbangpol Banda Aceh Bachtiar melalui Kabid Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Zulkifli S.H mengatakan bahwa kedatangan tiga orang anggota dari BPIP RI dalam rangka membangun kerja sama dengan Pemerintah Provinsi/Kota dalam membentuk Jejaring Panca mandala untuk penguatan dan pembumian Pancasila di tanah air.

“Pihaknya juga melibatkan instansi pemerintah, lembaga pendidikan, pesantren dan komunitas profesi lainnya melalui pembentukan Jejaring Panca Mandala,” kata Zulkifli didampingi Kabid Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya dan Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan, Ahmad Badrun SE,

Untuk hal tersebut, pihak Bakesbangpol Kota Banda Aceh menyambut baik rencana BPIP RI membentuk Jejaring Panca Mandala di Kota Banda Aceh.

“Kami berharap dengan adanya jejaring tersebut, dapat meningkatkan koordinasi pembinaan ideologi Pancasila, meningkatkan partisipasi pemangku kebijakan, serta mampu menumbuhkembangkan semangat masyarakat dalam memperkuat kehidupan bermasyarakat berlandaskan Pancasila di Kota Banda Aceh,” ungkapnya.

Menurut keterangan dari Kepala Sub Direktorat Hubungan Antar Kementerian/Lembaga BPIP RI, Eko Budiyanto bahwa Kabupaten Aceh Barat merupakan kabupaten pertama pembentukan Jejaring Panca Mandala di Indonesia dan rencananya akan dilanjut membentuk Jejaring Panca mandala di Kota Banda Aceh pada tahun 2022.

“Jejaring Panca Mandala merupakan bagian dari semangat gotong-royong dalam upaya membina ideologi Pancasila melalui kerjasama dengan semua pihak,” jelas Eko.(Hus/Hz)

Facebook Comments