DPPKP Kota Banda Aceh Selenggarakan Gemar Menanam Sejak Usia Dini

Banda Aceh – Dinas Pertanian Peternakan Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan Bunda PAUD Kota Banda Aceh dalam melakukan kegiatan Gemar Menanam Sejak Usia Dini.

Kepala DPPKP Kota Banda Aceh, Dr. Drs. Samsul Bahri, M.Si mengatakan, kegiatan yang berlangsung di Rumah Tani DPPKP, Rabu (27/10/2021), diikuti oleh anak-anak dari PAUD Baitus Shalihin Ulee Kareng dan PAUD Subulussalam Punge Blang Cut.

“DPPKP dalam menjalankan kegiatan untuk menciptakan kondisi konsumsi makanan masyarakat yang beragam, bergizi seimbang dan berkualitas membangun komitmen dan bekerjasama dengan Bunda PAUD Kota Banda Aceh,” ujarnya Samsul.

Ia menyebutkan, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui DPPKP berkomitmen untuk mengenalkan pola konsumsi makanan yang baik dan berbagai program terkait lainnya seperti gemar makan ikan, edukasi pangan beragam dan bergizi seimbang, pemeriksaan pangan segar berkualitas serta pengenalan bercocok tanam kepada Anak Usia Dini.

“Kegiatan gemar menanam sejak usia dini ini sangat disukai oleh anak-anak yang mengikutinya. Anak-anak melalui bimbingan Bunda PAUD Kota Banda Aceh dan Bunda PAUD Kecamatan Banda Raya langsung mempraktikkan cara menyemai tanaman, kemudian memeliharanya supaya dapat tumbuh dengan sehat dan subur,” sambungnya.

Setelah itu, anak-anak juga dikenalkan dengan cara memindahkan tanaman yang sudah disemai dan tumbuh ke wadah yang lebih besar sehingga tanaman dapat tumbuh dengan lebih baik lagi.

“Terlebih lagi kegiatan gemar menanam sejak dini dilakukan sambil menyanyi bersama sehingga kegiatan menjadi lebih hidup dan menyenangkan,” katanya.

Kegiatan ini diakhiri dengan praktik cuci tangan yang diteladankan oleh Bunda PAUD Kota banda Aceh. Setelah anak-anak bermain sambil bercocok tanam, tangannya menjadi kotor dan langsung dipraktikkan cara mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar. Anak-anak juga mendapatkan bingkisan dan balon sebagai kenang-kenangan dari DPPKP dan Bunda PAUD Kota Banda Aceh.(Ah/Hz)

Facebook Comments