Aminullah: Pemko Terus Siapkan Tenaga Kerja yang Berdaya Saing

*Berbagai Macam Pelatihan Telah Diselenggarakan

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak MM mengatakan saat ini Pemerintah Kota Banda Aceh terus mempersiapkan tenaga kerja di Banda Aceh  agar mampu beradaptasi, berdaya saing dan bertahan di tengah perubahan dunia kerja yang begitu dinamis. Hal tersebut disampaikannya saat membuka kegiatan BLK Banda Aceh Exhibition 2021, Rabu (27/10/2021) di Aula Balai Latihan Kerja (BLK), Geuceu Komplek, Banda Aceh.

Kata Aminullah, Pemko melalui instansi terkait telah mengeluarkan berbagai kebijakan dan program untuk meningkatkan akses dan mutu pelatihan para Tenaga Kerja guna menyiapkan SDM yang memiliki kompetensi dan berdaya saing secara global.

Aminullah menjelaskan, salah satu kebijakan berkesinambungan yang telah dilakukan adalah dengan menggelar pelatihan-pelatihan kerja yang menyasar pembentukan kompetensi yang inklusif atau tidak mempersyaratkan (batasan) usia maupun latar belakang pendidikan.

“Tujuannya adalah agar masyarakat mempunyai akses atau kesempatan untuk memiliki skill dan keterampilan. Dengan harapan untuk mempercepat produksi SDM yang memiliki kompetensi di berbagai bidang kejuruan prioritas, sekaligus meningkatkan relevansi keluaran BLK sesuai kebutuhan pasar kerja,” jelasnya.

Aminullah menambahkan, selama ini telah banyak pelatihan-pelatihan yang sudah diselenggarakan Pemko melalui instansi terkait seperti perbengkelan, pertukangan, teknisi computer dan operator komputer, teknisi AC, pelatihan Barista dan lainnya.

Ia berharap kegiatan-kegiatan pelatihan, vokasi dan produktivitas dengan semangat inovatif dapat terus menerus diadakan oleh BLK yang berkolaborasi dengan Pemko, sehingga warga kota bisa bekerja atau berusaha untuk menekan tingkat pengangguran.

Dalam hal ini, Rahmat Faisal  Ketua Penyelenggara BLK Exhibition 2021 mengatakan kegiatan ini diinisiasi dari sembilan lompatan besar Kementerian Ketenagakerjaan RI terkait dengan transformasi Balai Latihan Kerja  salah satu dari programnya adalah rebranding dan kolaborasi rebranding bertujuan untuk meningkatkan dan memperkuat daya tarik BLK melalui kegiatan promosi maupun pengembangan program terbarukan sesuai kebutuhan pasar kerja.

Kata Rahmat, pada kegiatan tersebut ada dua tema yang diangkat yaitu fashion show dan barista challenge.

“Pada kegiatan fashion show, BLK mencoba berkolaborasi dengan beberapa desainer Aceh yang tujuannya untuk memperkenalkan karya-karya desainer Aceh dan karya siswa yang mengikuti pelatihan di BLK sendiri,” kata Rahmat.

Sementara itu, untuk barista challenge merupakan kompetisi di bidang barista dengan melibatkan para praktisi kopi salah satunya dengan mengundang Doddy Samsura sebagai juri tamu yang merupakan Indonesian Barista Champion 2011 dan 2013.

Rahmat menambahkan kegiatan BLK Exhibition ini akan menjadi agenda rutin dari BLK Banda Aceh.

“Mudah-mudahan tahun depan bukan hanya dua tema yang kita selenggarakan tapi akan bertambah dengan tema-tema lain yang lebih inovatif lagi,” tutup Rahmat.(Rid/Hz)

Facebook Comments