Kadis Dikbud Dampingi Wali Kota Tinjau Pelaksanaan ANBK di SMPN 2

*Program Penilaian Mutu Sekolah Pengganti UNBK

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meninjau pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMPN 2, Kecamatan Kuta Alam, Senin (4/10/2021).

ANBK adalah program penilaian terhadap mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan. ANBK resmi menjadi pengganti UNBK dan resmi diluncurkan pada 2019 sebagai satu produk dari Merdeka Belajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nadiem Makarim.

Menurut wali kota, ANBK ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kualitas pendidikan di sekolah. “Nanti akan dibuat rating-nya, sehingga kita akan tahu tingkat kemajuan dunia pendidikan kita,” ujarnya.

Ia pun berharap, para siswa bisa menjawab soal-soal ANBK dengan baik, sehingga mutu pendidikan Banda Aceh juga akan semakin baik. “Tetap semangat dan serius ya ananda semua, walaupun ini bukan menjadi acuan utama kelulusan sebagaimana UNBK dulu,” ujarnya lagi.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Dikbud Kota Banda Aceh, Sulaiman Bakri menjelaskan pelaksanaan ANBK jenjang SMP dibagi menjadi dua gelombang yaitu tanggal 4 dan 5 Oktober, diikuti oleh 5 sekolah dan gelombang kedua tanggal 6 dan 7 Oktober, diikuti oleh 31 sekolah yang diwakili oleh 45 siswa kelas delapan.

Pada pelaksanaan hari pertama, secara umum seperti dikatakan oleh wali kota berjalan dengan baik, namun ada beberapa kendala teknis yaitu berupa error server pusat atau down server sehingga siswa/i harus menunggu untuk masuk ke aplikasi tersebut.

“Semoga besok pada hari kedua pelaksanaan ANBK, sistem aplikasi tersebut bisa lebih baik lagi agar siswa bisa berkonsentrasi penuh,” harap Sulaiman saat mendampingi Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.(TM/Hz)

Facebook Comments