Aminullah: Aktivitas Rentenir di Banda Aceh Tersisa 2%

* Solusi Bagi UMKM Untuk Lepas Dari Jeratan Rentenir

Banda Aceh-Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE.Ak, MM mengatakan aktivitas rentenir di Kota Banda Aceh saat ini tersisa 2%. Hal ini disampaikan pada Program Talkshow Good Morning Indonesia di MNC News, Jumat (24/09/2021).

“Pada tahun 2020 masyarakat kita sudah mulai tidak berurusan lagi dengan rentenir dan sudah banyak berurusan dengan PT LKMS Mahirah Muamalah sehingga tinggal 2% yang ada di Banda Aceh,” kata Aminullah.

Padahal sebelumnya, kata Aminullah pada tahun 2018 masyarakat Banda Aceh khususnya para pedagang kecil yang berurusan dengan rentenir mencapai 80%.

“Sebelumnya pada tahun 2018 kita melakukan survey ada 80% para pelaku pedagang kecil yang  berurusan dengan rentenir, ada dua kerugian yang dirasakan oleh pedagang tersebut meminjam uang pada rentenir, yang pertama harus membayar bunga yang tinggi sampai 5 % dan yang kedua mereka melanggar syariat Islam yaitu riba yang sudah jelas-jelas bertentangan dengan syariat,” kata Aminullah.

Oleh karena itu, Aminullah terus berupaya untuk memerangi rentenir  di Banda Aceh.

“Langkah yang kita lakukan yaitu dengan mendirikan Lembaga Keuangan Syariah yaitu PT. LKMS Mahirah Muamalah  di tahun 2018 dan terus menyosialisasikan bahaya bunga berurusan dengan rentenir,” tutup Aminullah.(Rid/Hz)

Facebook Comments