Kecamatan Lueng Bata Menuju Zona Hijau Penyebaran Covid-19

*Masyarakat Diajak Selalu Jaga Prokes dan Tidak Ada Zona Merah

Banda Aceh – Camat Lueng Bata Mustafa, S.Sos selaku Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Lueng Bata mengatakan bahwa wilayahnya terhitung mulai tanggal 11 September lalu hanya 4 dusun lagi di Wilayah Kecamatan Lueng Bata yang berada pada Zona Oranye, hal tersebut berdasarkan laporan Mapping Zonasi  Penyebaran Covid-19  PPKM Mikro di Kecamatan Lueng Bata.

“Untuk persentase penyebaran zona di Kecamatan Lueng Bata yaitu zona hijau 40 %, zona kuning 50 % dan zona oranye 10 % ini berdasarkan laporan Mapping Zonasi  Penyebaran Covid-19  PPKM Mikro di Kecamatan Lueng Bata,” kata Mustafa, Kamis (16/09/2021).

Mustafa menjelaskan, penentuan zonasi ini berdasarkan Instruksi Menteri dalam Negeri Nomor 40 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Papua,  dan Instruksi Wali Kota Banda Aceh Nomor 15 tahun 2021 tentang  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Kota Banda Aceh.

Lebih lanjut, Mustafa menambahkan bahwa pihaknya beserta Jajaran Muspika Kecamatan Lueng Bata juga sering melakukan Himbauan Prokes sekaligus melakukan tracking secara acak di warung-warung kopi, terminal dan beberapa tempat keramain lainnya di dalam Wilayah Kecamatan Lueng Bata.

Dalam upaya untuk dapat membendung penyebaran Covid-19 di Gampong juga dilaksanakan penyemprotan disinfektan ke rumah dan dilingkungan rumah warga yang terkena covid, pendataan kontak erat terhadap warga yang positif covid dan dilakukan swab, imbauan bagi warga yang datang dari luar daerah agar melampirkan hasil surat swab antigen dan melaporkan ke Kantor Keuchik yang bersangkutan dan pelaksanaan vaksinasi massal di lingkungan Masjid Jami’ Lueng Bata.

Mustafa menegaskan jika masyarakat saling menjaga diri untuk menghindari penyebaran Covid-19 maka zonasi penyebaran Covid-19 dengan cepat bisa berubah ke zona hijau.

Oleh karena itu, Mustafa  mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Banda Aceh khususnya warga Kecamatan Lueng Bata agar selalu menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas sehari-hari terlebih saat berada di luar rumah seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan,” tuturnya.(Rid/Hz)

Facebook Comments