Ada Sembilan Gampong yang Berstatus Mandiri di Kecamatan Baiturrahman

Banda Aceh – Camat Baiturrahman Herri, S.STP.M.Si mengatakan sudah ada sembilan gampong yang berstatus gampong mandiri di Kecamatan Baiturrahman.
Hal tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi Indeks Desa Membangun (IDM).

“Alhamdulillah terjadi peningkatan jumlah gampong yang berstatus gampong mandiri di Kecamatan Baiturrahman dari delapan gampong berstatus mandiri tahun ini menjadi sembilan gampong di tahun depan. Ini dari hasil rekapitulasi IDM untuk tahun 2025 didapatkan hasil bahwa tahun 2025 dari 10 gampong dalam wilayah Kecamatan Baiturrahman ada sembilan gampong yang berstatus gampong mandiri dan satu gampong berstatus maju,” kata Herri, pada saat melakukan Penandatanganan dan Serah Terima Berita Acara Penetapan Status Desa di Kantor Camat Baiturrahman, Selasa (11/06/2024).

Harri menyebutkan sembilan gampong yang berstatus mandiri yaitu Gampong Seutui, Sukaramai, Kampung Baru, Peuniti, Neusu Jaya, Neusu Aceh, Ateuk Munjeng, Ateuk Pahlawan dan Gampong Ateuk Jawo. Sementara untuk gampong maju yaitu Gampong Ateuk Deah Teungoh.

Kata Herri, penetapan status kemajuan dan kemandirian desa serta menyediakan data dan informasi dasar bagi pembangunan desa termasuk dalam Surat Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 140/PDP.03.04/III/2024 berkaitan dengan pemutakhiran IDM.

“Kegiatan pemutakhiran data IDM ini penting karena memberikan informasi dasar yang dibutuhkan untuk perencanaan dan implementasi kebijakan pembangunan desa yang lebih efektif,” kata Herri

Herri berharap kepada gampong-gampong yang berstatus mandiri dapat mempertahankan statusnya di masa-masa yang akan datang.

“Mudah-mudahan gampong dapat meningkatkan kinerjanya sehingga bisa mempertahankan statusnya pada masa yang akan datang. Terima kasih saya ucapkan kepada gampong yang telah melaksanakan update IDM serta pendamping desa dan PLD yang terus mendampingi dalam proses nya,” harapnya.(Cin/Hz)

Facebook Comments