Pj Walikota Banda Aceh Sampaikan Enam Program Atasi Kemiskinan di Depan Menko PMK

Banda Aceh- Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin, SE, M.Si menyampaikan ada enam program Pemerintah Kota Banda Aceh dalam mengatasi kemiskinan di kotanya.

Enam program tersebut disampaikan di depan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. saat kunjungannya ke Gampong Lampulo, Rabu (27/03/2024) di Kapal Di Atas Rumah Gampong Lampulo.

“Program itu diantaranya mengurangi beban pengeluaran, peningkatan pendapatan, meningkatkan kualitas SDM, mengurangi kantong-kantong kemiskinan, menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok, serta menanggulangi dan mengurangi dampak bencana,” kata Amiruddin.

Amiruddin menjelaskan untuk meningkatkan pendapatan warga terdampak kemiskinan ekstrem, Pemko telahmenyalurkan bantuan untuk kelompok usaha, program pembiayaan revolving gampong, belanja hibah kepada badan dan lembaga nirlaba, sukarela bersifat sosial kemasyarakatan.

“Berbagai pelatihan juga telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM seperti pelatihan manajemen usaha bagi perempuan, optimalisasi omzet melalui market place, pelatihan peningkatan kapasitas perempuan dan pelatihan berbasis kompetensi,” jelasnya.

Amiruddin menambahkan, jumlah penduduk yang mengalami kemiskinan ekstrem di Banda Aceh tahun 2022 sebesar 2,14% mengalami penurunan menjadi 0,89% dengan jumlah 5.980 jiwa menjadi 2.520 jiwa.(Rid/Hz)

Facebook Comments