Gampong Lampulo Pilot Project Jebol Menyukseskan IKD Program Nasional

Banda Aceh – Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) perdana dilaksanakan di Gampong Lampulo. Aktivasi juga dilaksanakan bersamaan dengan pelayanan perekaman KTP bagi pemula yang baru berusia 17 tahun serta pengurusan catatan sipil lainnya dalam Program Jemput Bola (Jebol) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Banda Aceh.

Program jebol di Kantor Keuchik Gampong Lampulo berlangsung selama 2 (hari) dari tanggal 10 – 11 Januari 2024.

Keuchik Gampong Lampulo Alta Zaini mengatakan bahwa peluncuran perdana jebol menyangkut dengan program IKD ini pertama kali dilakukan di Kantor Keuchik Gampong Lampulo dari pukul 09.00 s/d 15.00 wib.

“Alhamdulillah masyarakat begitu antusias beramai-ramai melakukan pengurusan kependudukan yang dilaksanakan di kantor keuchik. Biasanya Masyarakat melakukan pengurusan ke Kantor Disdukcapil di lingkungan Balaikota,” kata Alta.

“Saya Keuchik Gampong Lampulo menyampaikan ribuan terima kasih kepada Pj Wali Kota Banda Aceh, Kepala Disdukcapil Kota Banda Aceh yang telah menjadikan Gampong Lampulo sebagai pilot project untuk menyukseskan program nasional ini,” tutur Alta yang juga selaku Ketua DPC APDESI/ASKEBA Kota Banda Aceh.

Dalam kesempatan tersebut, Alta juga mengajak kepada seluruh keuchik se Kota Banda Aceh untuk melakukan koordinasi dengan Disdukcapil Kota Banda Aceh agar program pemerintah pusat ini dapat dilaksanakan di gampong masing-masing.

“Kegiatan ini sangat membantu masyarakat memudahkan pengurusan di gampongnya tanpa harus jauh-jauh ke Kantor Disdukcapil,” sebutnya.

Program jebol yang berlangsung juga turut ditinjau langsung oleh Kepala Disdukcapil Kota Banda Aceh, Dra. Emila Sovayana, M. Si. Terpantau bahwa Emila melihat langsung antusias masyarakat dan mengapresiasi kepada nasyarakat Gampong Lampulo yang telah melakukan perekaman dan pembuatan IKD.(Hus/Hz)

Facebook Comments