Ketua TP PKK Kecamatan Tinjau Pelaksanaan RGG Gampong Lampulo

Banda Aceh – Ketua TP PKK Kecamatan Kuta Alam, Tri Suci Apriyenny, A.Md kembali meninjau pelaksanaan Rumah Gizi Gampong (RGG) Lampulo di Lingkungan Kantor Keuchik pada Rabu (18/01/2023).

Pada pelaksanaan RGG Lampulo kali ini mendapat kunjungan dari sekolah Alam AINS oleh anak kelas 5 SD dalam rangka outing class dimana anak-anak akan belajar langsung ke alam atau ke tempat-tempat yang sesuai dengan tema di setiap kelasnya.

Dengan tema “kesehatan (health)” kunjungan dilakukan sebagai rangkaian kegiatan rutin penunjang pembelajaran di Sekolah Alam AINS.

Adapun giat yang dilaksanakan berupa pemberian makanan tambahan (PMT) dalam rangka pencegahan dan penanganan stunting dan edukasi mengenai gizi dan kesehatan lingkungan oleh tim dari Puskesmas Lampulo dan ketua TP PKK Kecamatan Kuta Alam.

Selain pemberian PMT, siswa juga melihat secara langsung proses pengecekan tinggi badan, berat badan, lingkar kepala dan lingkar lengan ideal untuk anak anak sesuai dengan umurnya yang dilakukan oleh kader pembangunan manusia (KPM) Gampong Lampulo untuk dilihat grafik perkembangan anak sebelum dan sesudah diberikan PMT.

Tidak hanya para orang tua di gampong, siswa sekolah Alam AINS juga diberikan materi mengenai gizi dan makanan sehat oleh tim gizi dari Puskesmas Lampulo.
Siswa AINS juga berkesempatan melihat secara langsung proses memasak makanan sehat dan bergizi untuk anak anak di Rumoh Gizi Gampong Lampulo.

Ketua TP PKK Kecamatan Kuta Alam, Tri Suci Apriyenny, A.Md berharap pelaksanaan RGG dapat terus berkelanjutan, tidak hanya di Lampulo namun juga di gampong lainnya.

Yenny juga berharap agar anak-anak sekolah lainnya dapat berkunjung ke RGG dari mulai PAUD, TK s/d SMA karena di sini anak-anak mendapatkan edukasi mengenai makanan yang sehat dengan gizi seimbang dimulai dari usia dini.

“Ini merupakan upaya dan usaha kita bersama untuk bisa bebas dari stunting,” katanya.

Wakil Kepala Sekolah AINS, Yulita Wahyuni, S.Si yang turut berhadir mendampingi anak-anak AINS sangat mengapresiasi pelaksanaan RGG yang ada di Gampong Lampulo.

Yulita berharap setelah kunjungan, anak-anak bisa menerapkan pengetahuan ini dalam kesehariannya seperti apa saja makanan sehat dan bergizi.

“Alhamdulillah dari outing kali ini anak-anak mendapatkan ilmu dan pengalaman baru. Semoga edukasi yang didapat hari ini berkah dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kedepannya,” tutupnya.

Turut berhadir Camat Kuta Alam, TP PKK Kecamatan Kuta Alam, Keuchik Lampulo, Ketua TP PKK Gampong Lampulo, para Fasil Sekolah Alam AINS, Petugas Gizi dan Promkes Puskesmas Lampulo, para Kader RGG, Pendamping Desa, bayi dan balita serta ibu hamil KEK.(Hus/Hz)

Facebook Comments