Baznas Bungo Studi Banding Ke Baitul Mal Banda Aceh Pelajari Tata Kelola Zakat

Banda Aceh – Komisioner Baitul Mal Kota Banda Aceh Muzakkir Hanka dan Abdul Munir didampingi tenaga profesional Muhammad Yasir menerima kunjungan kerja rombongan Baznas Bungo Kabupaten Bungo Provinsi Jambi, Kamis (08/11/2022).

Pada kunjungan tersebut Ketua Baznas Bungo menyampaikan tujuan kedatangan mereka.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Baitul Mal Banda Aceh yang telah menyambut kedatangan kami. Adapun tujuan kami adalah untuk mempelajari mekanisme pengumpulan serta pendistribusian yang telah terlaksana di lembaga ini” Ucap H. Dumminus.

Dalam perjumpaan tersebut pihak Baznas Bungo juga menyampaikan kendala yang selama ini mereka hadapi, terutama pada saat pengumpulan zakat.

Wakil ketua 1 Baznas Bungo Martunus Ahmad mengungkapkan sangat sulit mendapatkan kepercayaan masyarakat untuk menyerahkan zakat mereka ke lembaga tersebut.

“Kami merasa kesulitan saat mengumpulkan zakat karena banyak masyarakat yang lebih senang untuk menyalurkan zakat secara tradisional. Sejauh ini kita juga belum memiliki regulasi yang ketat terkait Zakat, hanya beberapa ASN saja yang bersedia untuk dipotong zakatnya oleh pemerintah daerah”. Ujarnya.

Menanggapi informasi yang disampaikan komisioner Baitul Mal Banda Aceh Abdul Munir menyebutkan bahwa BMK Banda Aceh sudah memiliki Qanun yang kuat yang mengatur perihal zakat.

“Setiap ASN yang berada di wilayah Kota Banda Aceh sudah dipotong zakatnya secara otomatis oleh pemerintah bila penghasilan yang didapat mencapai nisab. Adapun zakat yang kita peroleh juga akan menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Termasuk bagi pedagang yang membuka usaha di Banda Aceh juga berkewajiban untuk membayar zakat di BMK Banda Aceh” Sebut Munir. Diskusi antara kedua lembaga tersebut berlangsung hangat dan akrab disusul dengan beberapa pertanyaan terkait pendistribusian zakat yang dilakukan oleh BMK Banda Aceh.

Tenaga Profesional yang bertindak selaku amil zakat BMK Banda Aceh Muhammad Yasir memaparkan beberapa program zakat unggulan yang telah disalurkan.

“Kita mengupayakan menyalurkan zakat dengan sebaik mungkin melalui beberapa program zakat. Program unggulan BMK Banda Aceh diantaranya adalah penyerahan rumah bantuan bagi dhuafa dan program zakat fakir uzur yang rutin kita salurkan per triwulan.

Selain itu kita juga punya program lain seperti pemberian beasiswa, modal usaha, pelatihan kerja dsb. Adapun untuk mengoptimalkan pengumpulan, BMK Banda Aceh juga membina dan mengukukuhkan Baitul Mal Gampong” Tutup Yasir.[]

Facebook Comments