Kecamatan Baiturrahman Terima Sosialisasi Dana Desa dari DPMG Banda Aceh

Banda Aceh – Camat Baiturrahman Rahmat Saiful Bahri, S.Sos, SE, MM menyambut baik Sosialisasi Dana Desa Tahun Anggaran 2023 dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG). Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Camat setempat, Senin (14/11/2022).

“Karena di tahun 2023 ini ada perubahan sedikit dari ketentuan penggunaan dana desa seperti yang telah diatur dalam Permendes No 8 Tahun 2022. Seperti pengaturan BLT, Kegiatan Covid dan di tahun 2023 adanya dana operasional pemerintahan (dop),” kata Rahmat.

“Oleh karena itu kami mengundang seluruh keuchik, TPG serta Kaur Keuangan untuk mendengar sosialisasi hari ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala DPMG Muhammad Syaifuddin Ambia menyampaikan dalam paparannya bahwa penggunaan dana desa 2023 masih fokus pada pemulihan ekonomi dan sedikit perbedaan dengan tahun sebelumnya yaitu terkait BLT dana desa dan DOP desa.

“Dana operasional pemerintah desa paling banyak 3 persen dan BLT dana desa maksimal 25 persen dari pagu dana desa setiap desa,” kata Ambia.

Lanjutnya juga bahwa ada 9 penggunaan dana desa untuk program perioritas nasional, yaitu Perbaikan dan konsolidasi data SDGs, Ketahanan pangan dan hewani, Peningkatan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan desa, Penurunan stunting, Peningkatan Kualitas SDM, DOP 3 persen, penanggulangan kemiskinan ekstrim, Perluasan akses layanan kesehatan dan BLT dana desa.

Namun, kata Ambia untuk prioritas pemulihan ekonomi nasional sesuai arahan dari pusat, diharapkan setiap desa sudah ada Badan Usaha Milik Gampong (BUMG), Pengembangan desa wisata sehingga meningkatnya pendapatan asli gampong dan Pengembangan usaha ekonomi produktif dari BUMG.

“Harapannya dari terbentuknya BUMG dapat meningkatkan pendapatan asli gampong sehingga semua gampong menjadi gampong mandiri,” jelasnya.

“Semoga tahun 2023 kita upayakan gampong di Kecamatan Baiturrahman dapat menjadi contoh untuk gampong-gampong lainnya,” tutup Ambia.(Hus/Hz)

Facebook Comments