Camat Kadafi Kembali Serahkan Sapi dan Kambing, Kali Ini Kepada KPM di Lhong Raya

Banda Aceh – Dalam rangka program ketahanan pangan hewani dan nabati, Camat Banda Raya Rahmat Kadafi menyerahkan sapi, kambing, ikan nila dan tanaman cabai kepada kelompok penerima manfaat (KPM) di Lhong Raya, Senin (24/10/2022).

Adapun dalam kegiatan ketahanan pangan tersebut turut dihadiri oleh Keuchik Lhong Raya, unsur Polsek Banda Raya, Babinsa, TPG, penyuluh pertanian, perangkat gampong dan pendamping desa.

Camat Khadafi mengatakan ini sebagai tindak lanjut dari program pemerintah terkait program ketahanan pangan hewani dan nabati sebesar 20% dari pagu dana desa Lhong Raya Tahun Anggaran 2022.

Kemudian, Kadafi menerangkan bahwa ketahanan pangan diatur dalam Permendes Nomor 7 Tahun 2021 tentang prioritas penggunaan dana desa dan dirinci dalam Inpres Nomor 104 Tahun 2021 tentang rincian APBN.

Dalam hal ini, hasil musyawarah Gampong Lhong Raya maka telah disepakati dan diputuskan untuk kegiatan program ketahanan pangan yaitu pangan nabati dan hewani berupa hewan sapi, kambing, ikan nila dan tanaman cabai.

Lanjutnya, budidaya ikan nila dengan pembuatan memakai sistem bioflok dan budidaya tanaman cabe dengan luas lahan 3000 m2 serta penggemukan sapi dan kambing yang diberikan kepada KPM.

“Semoga program ini dapat berlanjut dan meningkatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, aman dan bermutu serta berbasis pada sumber daya lokal,” tutup Camat Kadafi.(TM/Hz)

Facebook Comments