Disdikbud Kota Banda Aceh Gelar Bimtek RKAS

Banda Aceh – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh menggelar pelatihan dan pendampingan manajemen kewirausahaan, manajerial dan supervisi kepala sekolah melalui Bimtek aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) jenjang SD dan SMP mulai tanggal 29 s/d 30 September 2022 di Hotel Grand Aceh Syariah Banda Aceh.

Kepala Disdikbud Kota Banda Aceh Sulaiman Bakri mengatakan pembinaan dan pengawasan terhadap pengelolaan dana BOS pada satuan pendidikan memastikan semua RKAS telah disusun sesuai dengan tahapan perencanaan berdasarkan hasil evaluasi diri satuan pendidikan dan identifikasi kebutuhan.

“Kemudian dituangkan dalam RKAS berdasarkan pada prinsip prinsip efektivitas, efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi serta memastikan semua RKAS satuan pendidikan telah diinput dalam sistem aplikasi rencana kegiatan dan anggaran yang disediakan oleh Kemdikbud Ristekdikti,” tutur tutur Sulaiman.

Adapun pelatihan ini ditujukan kepada 256 orang peserta terdiri dari 128 kepala sekolah, bendahara dan operator dana BOS jenjang SD dan SMP Kota Banda Aceh yang tujuannya adalah memberikan pemahaman dan pendampingan agar pembuatan RKAS pada setiap satuan pendidikan dapat berjalan lancar dan tanpa kendala serta sesuai dengan juknis dan juklak serta prosedur operasional yang telah ditetapkan pemerintah.

Kemudian, Pelatihan ini langsung didampingi oleh narasumber dari Kemdikbud Ristekdikti sebagai pengembang program ARKAS dan juga akan dipandu langsung oleh Subpokja Dapodik dan Transformasi Digital kemdikbud ristek melalui aplikasi zoom meeting dan kemudian akan didampingi secara tatap muka penuh oleh narasumber Kemdikbud sampai dengan selesai.

Lebih lanjut, Sulaiman mengatakan Pemko Banda Aceh melalui Dinas pendidikan terus mengupgrade pengetahuan dan pengembangan SDM handal khususnya kepala sekolah dan guru, guna menyongsong pendidikan Kota Banda Aceh yang lebih maju dan berlekembang sesuai dengan kondisi dan keadaan.

Pada akhir, Sulaiman mengucapkan terima kasih kepada para panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan kegiatan pelatihan dan pendampingan agar para peserta dapat mengaplikasi pengetahuan yang didapat sebagai pedoman dalam pelaksanaan pekerjaan.(TM/Hz)

Facebook Comments