Camat Aulia Apresiasi Rumah Hidroponik Gampong Kopelma Darussalam

Banda Aceh – Camat Syiah Kuala H. Aulia R Dahlan, S.Sos mengapresiasi Gampong Kopelma Darussalam yang telah berinisiatif mengadakan pelatihan ketahanan pangan dan rumah hidroponik.

“Saya mengapresiasi kepada Gampong Kopelma Darussalam yang sudah berinisiatif mengadakan pelatihan ketahanan pangan dan peresmian rumah hidroponik ini, kegiatan ini sangat bagus untuk menjaga ketahanan pangan warga gampong ini” kata Aulia saat diwawancarai di sela-sela kegiatan Pembukaan Pelatihan Ketahanan Pangan dan Peresmian Rumah Hidroponik Gampong Kopelma Darussalam di Kantor Keuchik setempat, Kamis (23/09/2022).

Pembukaan pelatihan ketahanan pangan dan peresmian rumah hidroponik tersebut dibuka oleh Pj Wali Kota Banda Aceh yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Kota Banda Aceh Muhammad Saifuddin Ambia turut didampingi oleh Camat Syiah Kuala H. Aulia R Dahlan, S.Sos, Sekretaris Camat Syiah Kuala Eko Poernomo, S. STP dan Keuchik Kopelma Darussalam Ir. Eddi.

Aulia mengatakan menanam sayur dengan sistem hidroponik ini merupakan cara yang ramah lingkungan karena budidayanya tidak membutuhkan pestisida secara berlebihan dan bisa menjadi solusi warga perkotaan untuk berkebun di lahan yang sempit atau terbatas.

“Hidroponik bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan bahan pangan secara mandiri oleh warga sehingga bisa menambah perekonomian dan menjadi solusi ketahanan pangan bagi keluarga,” katanya.

Oleh karena itu, Aulia berharap agar pelatihan tersebut dapat diikuti dengan baik dan diharapkan juga gampong lain di Kecamatan Syiah Kuala dapat mengikuti inovasi yang telah dilakukan oleh Gampong Kopelma Darussalam.

Pada rangkaian kegiatan tersebut juga dilakukan panen sayur pertama dari rumah hidroponik yaitu sayur pak coy.(Rid/Hz)

Facebook Comments