Disdikbud Launching Gerakan Sedati Aceh

*Gerakan Sehari Berbudaya Pasti Aceh

Banda Aceh – Bertepatan dengan Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) Aceh ke-63, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh launching Gerakan Sehari Berbudaya Pasti Aceh (Sedati Aceh).

Adapun Gerakan Sedati Aceh dicanangkan langsung oleh Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq diwakili Asisten Pemerintahan Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bachtiar di Aula Tekkomdik, Jumat (02/09/2022).

Turut hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua DPRK Banda Aceh, Kepala Kankemenag, Ketua MPD Banda Aceh, Ketua MAA dan seluruh kepala sekolah jenjang PAUD, SD, SMP dan Pendidikan Kesetaraan se-Kota Banda Aceh.

Asisten Pemerintahan Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh Bachtiar mengapresiasi cara Disdikbud mengajarkan siswa-siswi melestarikan budaya yaitu dengan salah satu program Gerakan Sedati Aceh.

“Ini merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan pemerintah untuk melestarikan kembali budaya dari daerah Aceh dalam sehari di sekolah seperti, berbicara Bahasa Aceh, pakaian adat Aceh hingga makanan Aceh,” ujarnya.

Kemudian, Bachtiar mengajak berbagai stakeholder untuk mendukung dan mengajarkan kepada generasi muda agar timbul rasa cinta terhadap budaya Aceh sehingga anak-anak bangga terhadap budayanya.

Pada Akhir, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh Sulaiman Bakri menambahkan, program Gerakan Sedati Aceh ini merupakan langkah untuk melestarikan budaya Aceh sejak dini sehingga ciri khas Aceh tetap diingat oleh generasi penerus.(TM/Hz)

Facebook Comments