Dispar Kunjungi Rumah Tenun Songket Aceh di Lamgugob

Banda Aceh – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Banda Aceh mengunjungi Rumah Tenun Songket Aceh Pusaka Maja di Gampong Lamgugob, Kecamatan Syiah Kuala, Senin (29/08/2022).

Pada kunjungan tersebut turut didampingi oleh mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang sedang mengikuti Magang Bina Desa di Gampong Lamgugob selama lima bulan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh Said Fauzan, S.STP, MA melalui Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Iin Muhaira, SE, MM mengatakan kunjungan tersebut untuk meninjau perkembangan rumah tenun songket Aceh itu.

“Hari ini kami dari Dispar Banda Aceh dan adik-adik mahasiswa mengunjungi pengrajin tenun songket Aceh yang ada di Lamgugob untuk meninjau kegiatan para pengrajin di rumah tenun tersebut,” kata Iin.

Iin mengatakan tenun songket Aceh tersebut merupakan salah satu pelaku ekonomi kreatif yang harus dikembangkan dengan baik sehingga dapat melestarikan budaya dan memperkuat ekonomi masyarakat.

Oleh karena itu, kata Iin dengan adanya mahasiswa magang yang ditempatkan di gampong tersebut dapat berkolaborasi dengan Dispar dalam mengembangkan rumah tenun tersebut.

“Dari hasil tinjauan ini ada beberapa hal yang harus dibenahi seperti pengecatan ulang, penambahan listrik dan lain-lain. Dengan adanya adik-adik magang ini kita bersinergi untuk sama-sama mengembangkan UMKM gampong guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan kita akan mencoba berkerjasama dengan stekholder lainnya untuk membantu sarana dan prasarana pendukung lainnya,” kata Iin.

Sementara itu, Bendahara Rumah Tenun Pusaka Maja, Husna M. Jamil mengatakan setiap harinya pengrajin menenun songket pada siang hari.

“Di sini yang menenun ada 7 pengrajin, kami memulainya pada siang hari dengan bantuan pencahayaan yang seadanya ini,” kata Husna.

Husna menambahkan selama ini pengrajin menenun berdasarkan orderan dari pembeli yang menghabiskan waktu paling sedikit satu bulan.(Rid/Hz)

Facebook Comments