Government Transformation Academy, Upaya Pengembangan Kapasitas SDM

Banda Aceh – Dalam rangka mengembangkan kapasitas sumber daya manusia serta meningkatkan perluasan digitalisasi di daerah, pemerintah Kota Banda Aceh bersama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) SDM Kementerian Kominfo Republik Indonesia melaksanakan kegiatan pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) dengan tema “Government Transformation Academy (GTA)”, di Aula SMP 1 Banda Aceh, Senin (18/7/22).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi Infomatika dan Statistik (Diskominfotik) Fadhil, S.Sos, MM.

Pada kesempatan tersebut, Fadhil menyampaikan apresiasi kepada Pusdiklat Balitbang Kominfo RI telah hadir dan menjawab keterbatasan dari Kota Banda Aceh terkait pengembangan SDM Aparatur Sipil Negara Kota Banda Aceh, khususnya dalam bidang digitalisasi.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini menjadi masukkan bagi para ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh agar terus dapat meningkatkan kemampuan diri dalam menghadapi era industri 4.0.

“Ini merupakan wujud hadirnya Pemerintah untuk memberikan pelayanan yang paripurna kepada masyarakat khususnya dalam hal transformasi digital. Artinya bukan masyarakat saja yang diedukasi untuk tanggap teknologi, tapi pegawai pemerintahnya juga,” kata Fadhil.

Pada kesempatan yang sama Koordiator Tata Usaha Pusdiklat Kementerian Kominfo Isnaldi, S.Kom, MTI menyampaikan bahwa GTA ini diikui oleh 661 peserta dari berbagai SKPD di kabupaten, kota, dan provinsi di Aceh.

Ia juga menyampaikan terima kasih untuk seluruh unsur yang terlibat sehingga kegiatan ini bisa terselenggara.

“Kami ucapkan terima kasih kepda Dinas Kominfotik Banda Aceh sehingga bisa terselenggara pelatihan ini, semoga bermanfaat bagi bapak ibu semua bagi peningkatan kompetensi,” harapnya.

GTA ini mengusung empat bidang pelatihan diantaranya Junior Graphic Design (JGD), Cybersecurity Essentials, Analis Kota Cerdas (AKC), dan Manajemen Risiko SPBE (MRSPBE). Untuk Banda Aceh sendiri diikuti oleh 110 peserta dari seluruh SKPD dan pelatihan akan berlangsung selama 5 hari.(Hz)

Facebook Comments