Ragam Atraksi dan Seni Daerah Dalam Pawai Budaya Warnai APEKSI Komwil I Medan

Aminullah: Sarana Promosi Budaya Sesama

Medan – Pawai Budaya Nusantara mewarnai hari kedua penyelanggaraan Rapat Kerja Komisi Komwil IV Apeksi di sepanjang jalan Balai Kota Medan, Jumat, 1 Juli 2022.

Kegiatan pawai budaya Nusantara ini merupakan salah satu rangkaian dari Raker Komwil I Apeksi Kota Medan yang menampilkan kesenian dari 23 anggota asosiasi di wilayah I (satu) Sumatera.

Aneka atraksi diperagakan satu persatu oleh peserta pawai budaya nusantara yang menampilkan kesenian dari daerahnya masing-masing dihadapan para wali kota yang duduk di panggung kehormatan.

Para peserta pawai dari masing-masing daerah juga menunjukkan kebolehan daerahnya baik itu dengan tarian, mengenakan pakaian adat, maupun dengan membawa alat musik tradisional.

Tidak ketinggalan Kota Banda Aceh juga ikut meramaikan pawai itu. Pukulan Rapai dan alunan Seurune Kalee turut mengundang perhatian masyarakat saat itu.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, mengapresiasikan penampilan semua peserta dengan atraksi yang luar biasa, dengan berbagai keanekaragaman budaya.

“Sangat menarik. Ini mempunyai nilai yang tinggi sebagai sarana promosi budaya sesama,” ungkap Aminullah.

Menurutnya, Rakorwil I Apeksi ini memang perlu disukseskan juga dengan menampilkan kebudayaan. Pawai budaya yang digelar menjadi sarana promosi budaya sesama peserta Apeksi atau media untuk mengenal budaya lainnya.

Dalam pawai itu, Kota Banda Aceh menampilkan pakaian adat Aceh yaitu Ulee Balang, yang dikenakan oleh para SKPK, para Camat dan Keuchik wilayah Banda Aceh.(riz)

Facebook Comments