Cuaca Ekstrim, Wali Kota Imbau Masyarakat Lebih Waspada

Banda Aceh – Sehubungan dengan kondisi cuaca ekstrim berupa hujan disertai angin kencang yang melanda Kota Banda Aceh beberapa hari ini, Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, S.E, Ak, MM mengimbau warga untuk tetap tenang dan waspada dalam menghadapi cuaca ekstrim yang terjadi.

“Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak cuaca ekstrem seperti peningkatan genangan air, angin kencang, pohon tumbang dan gelombang tinggi,” katanya, Minggu (29/5/2022).

Terkait dengan itu, masyarakat diminta berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah, dan menghindari jalan yang memiliki pohon-pohon pelindung berukuran besar.

Sementara upaya antisipasi cuaca ekstrim warga dapat menyikapinya dengan usaha-usaha mitigasi bencana secara mandiri berupa dengan tidak keluar rumah.

“Karena hujan disertai angin kencang dapat terjadi dengan tiba-tiba dan dikhawatirkan adanya pohon yang tumbang atau material bangunan yang bisa membahayakan warga,” ujarnya

Dan jika ada pohon-pohon tinggi yang sudah tua/lapuk di sekitar rumah agar bisa ditebang mandiri atau berkoordinasi dengan DLHL3 Banda Aceh, serta memeriksa atap rumah untuk terhindar dari lepasnya material seng dan lainnya.

Aminullah mengatakan apabila ada kejadian kerusakan rumah serta hal-hal yang lain di lingkungan masyarakat segera melaporkan ke keuchik untuk diteruskan kepada camat untuk ditindaklanjut.

Semoga kedepannya seluruh masyarakat dapat rutin melaksanakan gotong royong di lingkungan tempat tinggal pribadi untuk membersihkan dan menjaga kondisi lingkungan terhadap hal yang bisa menyebabkan terhindarnya bencana.(Hus/Hz)

Facebook Comments