Kota Banda Aceh Masuk Penilaian Lomba Gampong KB Tingkat Provinsi

Banda Aceh – Gampong Doy Kecamatan Ulee Kareng wakili Kota Banda Aceh masuk dalam penilaian Lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB). Penilaian telah dilaksanakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh di Kantor Keuchik setempat, Rabu (27/4/2022).

Menurut keterangan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Banda Aceh, Cut Azharida, SH melalui Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Intan Indriani, SKM menyampaikan bahwa Gampong Doy terpilih dari beberapa profil kampung Kb yang dikirimkan oleh DP3AP2KB.

“Presentasi profil kampung KB Gampong Doy disampaikan oleh Penyuluh KB Pembina Gampong Doy yaitu Mutia Yulinasari. Dan beberapa masukan dari tim penilai untuk dilengkapi dalam profil serta dokumen yang ada agar masyarakat lain dapat melihat kampung KB Doy secara luas,” kata Intan.

Penilaian akhir dari Bkkbn pusat akan disampaikan pada Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXIX pada Bulan Juni mendatang.

“Alhamdulillah keuchik dan aparatur gampong sangat mendukung lomba kampung kb ini yang dilaksanakan oleh Bkkbn untuk melihat wajah Gampong Doy sebelum dan sesudah menjadi kampung KB percontohan,” tambahnya.

Sebagai OPD KB, DP3AP2KB Kota Banda Aceh mengirimkan Gampong Doy dengan beberapa penilaian; Kampung KB Paripurna, Mempunyai RDK Paripurna (Rumah Data Kependudukan), Banyak dikunjungi dari pihak luar untuk studi tiru kampung KB baik dari Aceh maupun luar Provinsi Aceh.

Kemudian juga partisipasi keuchik, tuha peut dan aparatur gampong sangat baik untuk melaksanakan program, kemampuan gampong menggunakan dana desa untuk mendukung kegiatan, keterlibatan lintas sektor di Gampong Doy serta kepesertaan ber KB. (Hus/Hz)

Facebook Comments