Kota Banda Aceh Raih Penghargaan Sebagai Kota Smart Governance

*Aplikasi Sekejap Jadi Quick Win Evaluasi Smart City 2021

Banda Aceh – Kota Banda Aceh dengan Aplikasi Semua Kerja Jadi Siap (Sekejap) yang diinisiasi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh mendapatkan penghargaan atas implementasi program smart city kategori smart governance dari  Kementerian Komunikasi dan Informatika RI pada Gerakan Menuju 100 Smart City 2021.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Jhonny Gerard Plate yang diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik  (Diskominfotik) Kota Banda Aceh Fadhil, S.Sos MM di ICE BSD Tangerang Selatan, Selasa (14/12/2021).

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik  (Diskominfotik) Kota Banda Aceh Fadhil, S.Sos MM mengatakan capaian yang telah diraih oleh Kota Banda Aceh adalah bentuk kerja keras dan kerja cerdas semua unsur yang terlibat didalamnya, juga kemampuan SKPD dalam  membuat program atau inovasi  untuk menunjang gerakan smart city.

“Alhamdulillah Kota Banda Aceh dianugerahi implementasi smart city terbaik untuk kategori Smart Governance,  ini adalah suatu kerja keras dan kerja cerdas semua unsur yang terlibat didalamnya, kemampuan SKPD dalam membuat program atau inovasi  untuk menunjang gerakan smart city juga  luar biasa,” kata Fadhil.

Fadhil menambahkan, keterlibatan strategi pentahelix juga ikut menunjang hal tersebut  yaitu dengan kolaborasi dari unsur pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi, juga masyarakat dan peran media massa sangat menentukan proses gerakan Smart City di Kota Banda Aceh.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banda Aceh Dra. Emila Sovayana mengatakan pencapaian tersebut sebagai wujud komitmen dalam memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan efektif kepada masyarakat.

“Alhamdulillah kedua kalinya aplikasi Sekejap mendapatkan penghargaan, ini sebagai wujud komitmen kami dalam memberikan pelayanan untuk masyarakat, kedepan kita akan terus berinovasi untuk kemudahan-kemudahan layanan lainnya. Kami juga berterima kasih kepada Diskominfotik Kota Banda Aceh yang telah menjadikan aplikasi Sekejap sebagai salah satu kategori smart governance pada Gerakan Menuju 100 Smart City 2021,” kata Emila.

Kata Emila, hal ini dilakukan juga atas dukungan dan arahan Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak MM untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kata Emila Aplikasi Sekejap didesain sebagai pengganti front office di Disdukcapil dengan kemudahan dapat mengakses pelayanan kependudukan, catatan sipil dan open data melalui  smartphone yang dapat diakses di rumah selama masa pandemi Covid-19

“Aplikasi Sekejap ini sangat mudah diakses oleh masyarakat karena Dukcapil sudah menerapkan tanda tangan elektronik sehingga bisa diproses melalui smartphone dan dokumen kependudukan dalam sekejap bisa selesai,” tutup Emila.(Rid/Hz)

Facebook Comments