Komisioner Baitul Mal Banda Aceh Briefing Peserta Pelatihan Keterampilan BLKI

Banda Aceh – Sebanyak 36 pemuda kurang mampu, calon peserta pelatihan keterampilan BLKI Banda Aceh mengikuti arahan yang disampaikan oleh Komisioner Baitul Mal Kota Banda Aceh. Kegiatan ini diadakan di aula kantor tersebut, Senin (4/10/21).

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Badan Baitul Mal Banda Aceh, Asqalani, STH, MH, Dra H Aisyah M Ali, M.Pd, Suria Darma, SPd.I, Kepala Sekretariat Baitul Mal Banda Aceh, Wahyudi, S.STP, M.Si, Kasubbag PIT, Muslim, S.E, dan Tenaga Profesional Baitul Mal Kota Banda Aceh, Hasanuddin, S.HI.

Ketua Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Asqalani didampingi Anggota Suria Darma mengatakan bahwa program pelatihan keterampilan BLKI yang diperuntukkan untuk pemuda-pemudi kurang mampu dan putus sekolah ini merupakan bagian dari penyaluran  zakat produktif yang diadakan BMK setiap tahunnya.

“Perlu adik-adik ketahui bersama, pendistribusian zakat kita lakukan dalam dua kategori, zakat konsumtif dan produktif. Adapun pelatihan keterampilan kerja yang akan adik-adik ikuti  ini adalah bagian dari program zakat produktif Baitul Mal Kota Banda Aceh,” jelas Suria Darma.

Ia memaparkan, tahun ini Baitul Mal Kota Banda Aceh fokus untuk melatih skill pemuda kurang mampu pada tiga jurusan yaitu, menjahit, montir sepeda motor, dan instalasi listrik. Pemuda-pemudi kurang mampu ini akan diberikan keterampilan kerjanya selama 38 hari untuk menjahit, 35 hari untuk montir sepeda motor dan instalansi listrik.

“Adapun output yang kita inginkan dari hasil pelatihan ini adalah pemuda-pemudi yang kita bina ini menjadi wirausahawan. Jadi kami mohon kepada adik-adik agar menjalankan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh sehingga sesuai dengan harapan orang-orang yang telah berzakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh karena pelatihan ini bersumber dari dana zakat,” kata Suria Darma.

Sementara itu Dra. Hj. Aisyah M. Ali, M.Pd berpesan untuk pemuda-pemudi itu agar apa yang akan dijalan selama 38 hari ke depan di BLKI dengan niat sungguh-sungguh, menjaga kedispilinan dan  fokus pada hasil yang ingin dicapai.

“Kami berpesan kepada anak-anak kami sekalian agar memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan ini semaksimal mungkin. Sehingga para muzakki yang telah menunaikan zakatnya di BMK dapat melihat hasilnya dan merasa puas karena Baitul Mal telah menjalankan amanahnya dengan tepat sasaran,” demikian pesan Aisyah M Ali.(MR)

Facebook Comments