Disdik Dayah Kota Laksanakan TC bagi Santri Dayah 

untuk MQK-II Tingkat Provinsi Tahun 2021

Banda Aceh – Dalam rangka mengikuti Lomba Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) ke-2 Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2021, Disdik Dayah Banda Aceh melaksanakan Training Center (TC) MQK-II yang sedang berlangsung di Hotel Grand Permata Hati sejak 25-29 September 2021.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh Drs. Zainal Arifin tersebut diikuti oleh 20 santri dayah yang ada di Banda Aceh.

Kepala Disdik Dayah Banda Aceh Alizar Usman, S.Ag, M.Hum mengatakan mendukung penuh dan berharap dengan berlangsungnya TC ini dapat memberikan semangat bagi seluruh santri yang akan ikut MQK – II Tahun 2021.

Lomba MQK-II Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2021 ini mengalami beberapa perubahan dari tahun 2019, yaitu terkait kitab yang dilombakan disesuaikan dengan standar MQK Tingkat Nasional.

Kitab yang diperlombakan yaitu Kitab Al Itiqan Fi Ulumil Qur`an dan Kitab Uqud Al Juman Karya Jalal ad-Din Asuyuthi.

“Di kalangan santri-santri dayah di Kota Banda Aceh kitab ini umumnya kurang familiar bahkan cenderung tidak diajarkan. Ini menjadi tantangan besar bagi santri dayah di Aceh kedepan pada umumnya dan santri dayah Banda Aceh pada khususnya,” ungkap Alizar.

“Dengan TC ini kita insyaAllah tetap optimis Banda Aceh bisa memberikan yang terbaik,” harapnya.

Maka dari itu selama lima hari, Disdik Dayah menghadirkan Narasumber yaitu Penerjemah Kitab Mahalli Tgk. Erwin, Juara I PKU MPU Aceh 2021 Tgk. Nasrul Zahidy, Mantan Juara MQK Ustazah Nurul Hikmah, Pengarang Kitab Balaghah Tu Sudan dan Abu Muda Ulee Titie serta Tgk. Abdurrahman Ismail. (Hus)

Facebook Comments