Dayah Misbahus Shalihin Al-Waliyah kembali Serahkan Borang Akreditasi Dayah

Banda Aceh – Dayah Misbahus Shalihin Al-Wali melalui Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Kota Banda Aceh telah menyerahkan Borang akreditasi dayah pada Majelis Akreditasi Dayah Aceh (MADA) pada Selasa (21/9/2021).

Penyerahan diterima langsung oleh Wakil Ketua Badan Akreditasi Dayah Aceh, Tgk. Marbawi Yusuf.

Sebelumnya Dayah ini telah menyerahkan usulan akreditasi dayah pada Senin lalu sesuai dengan Surat Disdik Dayah Aceh Nomor 451-44/371 Tanggal 22 Juli 2021 tentang Proposal Eligibilitas Akreditasi Dayah.

Kepala Disdik Dayah Banda Aceh Alizar Usman, S. Ag, M. Hum menyampaikan pesan dari Badan Akreditasi Dayah bahwa adanya beberapa instrumen akreditasi yang disempurnakan, mengharuskan usulan akreditasi pertama disempurnakan sesuai dengan formulasi yang baru.

“Berdasarkan laporan awal yang diterima dokumen yang kami serahkan telah sesuai standar delapan, tinggal pembuktian di lapangan saja nantinya oleh Asesor Majelis Akreditasi Dayah,” katanya.

“Semua instrumen yang diminta telah terpenuhi, setelah ini berharap agar Asesor Majelis Akreditasi Dayah Aceh secepatnya melakukan verifikasi faktual langsung ke dayah. Semoga hasil akreditasi dayah mendapat hasil memuaskan,” tambahnya.

Dikatakannya, sekarang dayah-dayah di Banda Aceh semakin maju serta menyesuaikan dengan perkembangan zaman, baik dalam aspek penerapan kurikulum, tata kelola manajemen dayah, sistem informasi dayah serta data base terintegrasi antara e-Datuda (Data Tunggal Dayah) dengan Education Management Information System (EMIS) di Kementerian Agama.

“Sinergitas data dayah/pesantren menjadi penting ke depan, dayah maju, kompetensi santri pun bisa bersanding dengan santri dayah lain di nusantara terutama dalam penguasaan kitab gundul,” tutupnya.(Hus/Hz)

Facebook Comments