Pemko Banda Aceh Bentuk Forum PKP

*Feri Heriawan Terpilih Sebagai Ketua Forum

Banda Aceh-Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh mengadakan diskusi tematik tentang Pembentukan Forum Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Kota Banda Aceh di Balee Keurukon  Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh, Selasa (21/09/2021).

Diskusi tematik pembentukan forum PKP tersebut diikuti oleh Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh Amiruddin, SE, M.Si., Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) Kota  Banda Aceh Jalaluddin, ST, MT, Kepala Badan Pembangunan Daerah Kota Banda Aceh, Weri, SE., dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Rosdi, ST. MA.

Kemudian perwakilan BUMN (PT. PLN dan PT Pegadaian), Asosiasi pengembangan perumahan/developer, Asosiasi profesi (IAP, IAI, IALI, INKINDO), GAPENSI, Lembaga keuangan/perbankan, Akademisi (USK dan UNMUHA), Forum BKM, Forum Kolaborasi Komunitas, Yayasan Perlindungan Konsumen Aceh, Cagar Budaya Kota Banda Aceh, WALHI dan KOTAKU.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang selaku pimpinan sidang pada pembentukan forum PKP tersebut, Jalaluddin, ST, MT mengatakan hal tersebut berdasarkan Permen PUPR No. 12 Tahun 2021 tentang Peran Masyarakat Dalam Penyelenggara PKP yang mengamanatkan Pembentukan atau Restrukturisasi/revitalisasi Kelembagaan Pokja PKP dan Pembentukan Forum PKM.

“Forum PKP ini difasilitasi pembentukan dan penyelenggaranya oleh Pokja PKP. Pokja PKP ini sebagai wadah komunikasi, koordinasi, sinkronisasi lintas sektor pemerintahan dalam penyelenggaraan bidang PKP,” kata Jalal.

Kata Jalal, forum PKP ini  nantinya berperan memberikan masukan kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah seperti penyusunan rencana pembangunan PKP, pelaksanaan pembangunan PKP, pemanfaatan PKP dan pemeliharaan dan perbaikan PKP serta pengendalian Penyelenggaraan PKP,” kata Jalaluddin.

Jalal menjelaskan pada pembentukan PKP tersebut telah terpilih Feri Heriawan sebagai ketua forum yang telah dipilih secara voting pada kegiatan tersebut.

“Dari hasil pemungutan suara terbanyak diperoleh 13 suara untuk Feri Heriawan (PT. Pegadaian), 5 suara untuk Weri, SE, MA (Anggota Pengarah Pokja PKP), 5 suara untuk Zainuddin, ST, M.Sc (Ikatan Ahli Perencana) dan 5 suara untuk Adhica Perkasa, ST, MT, (Ikatan Arsitek Indonesia). Berdasarkan hasil pemilihan terbanyak maka ketua Pokja PKP Kota Banda Aceh yaitu Feri Heriawan,” tutup Jalal.(Rid/Hz)

Facebook Comments