Aminullah Sambut Baik Kejurnas Panjat Tebing di Banda Aceh

*Akan Memberi Multiplier Effect bagi Banda Aceh*

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyambut baik agenda kejuaraan nasional (kejurnas) panjat tebing tingkat junior yang akan digelar di Banda Aceh pada 11-21 November 2021.

Menurutnya, kehadiran ratusan atlet panjat tebing beserta official se-Indonesia akan mendongkrak perputaran ekonomi di Banda Aceh. “Tentu di samping untuk memantik prestasi olahraga, event sebesar ini akan memberi multiplier effect, khususnya dalam bidang ekonomi.”

“Minimal dengan kehadiran para atlet ini, hotel-hotel akan kembali penuh, restoran/rumah makan semakin ramai, dan toko souvenir pun akan terkena imbas positifnya. Mereka pasti akan membelanjakan uangnya di Banda Aceh,” ujarnya.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Aminullah saat menerima audiensi Ketua Umum Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Aceh Muhammad Saleh beserta jajaran pengurusnya di pendopo, Jumat 20 Agustus 2021.

Ia pun berharap situasi pandemi Covid-19 semakin membaik menjelang pergelaran acara nantinya. “Kalau saat ini memang serba terbatas penyelenggaraan kegiatan, karena Banda Aceh masih berada dalam zona merah dan menerapkan PPKM level empat,” ujarnya.

Meski begitu, wali kota menyatakan siap mendukung hal-hal apa saja yang dibutuhkan demi kelancaran dan kesuksesan acara. “Insya Allah kita akan sambut para atlet di pendopo. Nanti akan kita kondisikan sesuai perkembangan Covid-19 terkini,” ujarnya lagi.

Kepada wali kota, Ketua FPTI Aceh Muhammad Saleh melaporkan, kejurnas panjat tebing junior tersebut akan diikuti oleh 300 atlet berusia 11-17 tahun dari 34 provinsi se-Indonesia. “Kalau dengan official seluruhnya sekitar 500 orang yang akan datang ke Banda Aceh.”

Sementara untuk venue kejuaraan akan dipusatkan di Komplek Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya. “Saat ini persiapan venue sudah 80 persen. Untuk penginapan akan ditanggung oleh masing-masing delegasi. Namun kita akan melobi pihak perhotelan untuk memberi rate tarif khusus,” katanya seraya mengharapkan dukungan penuh dari wali kota. (Jun)

 

Facebook Comments