Wali Kota Banda Aceh Apresiasi Disdukcapil

  • Warga Kota yang Sudah Miliki KTP Capai 99,33 Persen

Banda Aceh – Sebanyak 99.33% warga Kota Banda Aceh sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) . Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas  Kependudukan  dan Pencatatan  Sipil  (Disdukcapil) Kota  Banda  Aceh,  Dra. Emila Sovayana, Rabu (18/08/2021) di kantornya.

“Jumlah penduduk Kota Banda Aceh saat ini sebanyak 251.288 jiwa, yang wajib KTP  sebanyak 167.672 jiwa, yang sudah melakukan perekaman 166.542 (99, 33%)  dan yang belum hanya 1.130 (0, 67%) jiwa,” kata Emila.

Kata Emila angka tersebut sudah melewati target nasional yaitu 97%.

Ia menjelaskan, 1.130 jiwa yang belum memiliki KTP-el tersebut merupakan Generasi Tujuh Belas tahun (Gen_Tubel).

“Yang belum memiliki KTP ini adalah remaja yang baru berumur 17 tahun, biasanya kita yang menjemput bola dengan mendatangi ke sekolah tapi karena ini masih masa Covid-19 jadi tidak kita lakukan program ke sekolah-sekolah,” jelas Emila.

Oleh karena itu, Emila mengimbau kepada warga Kota Banda Aceh yang telah berusia 17 tahun atau yang belum memiliki KTP agar segera melakukan perekaman KTP.

“Kita mengimbau kepada Gen_Tubel atau warga yang belum memiliki KTP  agar segera melakukan perekaman, karena KTP ini merupakan identitas yang paling penting untuk mengurus pelayanan publik lainnya misalnya buat BPJS, Paspor, SIM, Perbankan dan lain-lain,” imbau Emila.

Bagi warga Banda Aceh yang mau melakukan perekaman KTP bisa mendaftar secara online dengan menentukan waktu secara mandiri di halaman https://disdukcapil.bandaacehkota.go.id selama jam kerja atau  datang langsung ke Kantor Disdukcapil Kota Banda Aceh dan Mall Pelayanan Publik (MPP) Pasar Aceh dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Selama masa pandemi ini, pelayanan perekaman KTP kita lakukan dengan benar-benar menerapkan protokol kesehatan, seperti kita sediakan tempat pencuci tangan, pengecekkan suhu, kita sediakan hand sanitizer, di ruang tunggu juga kita buat physical distancing dan pengunjung yang datang harus menggunakan masker begitu juga dengan petugas-petugasnya jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” kata Emila.

Dalam hal ini, Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE.Ak MM mengapresiasi Disdukcapil Kota Banda Aceh yang terus berupaya dalam melakukan pemenuhan KTP di Kota Banda Aceh.(Rid/Hz)

Facebook Comments