Perkuat KIG, Diskominfotik Jalin Koordinasi dengan Diskominsa Aceh

Banda Aceh – Dalam upaya penguatan pemberdayaan Kelompok Informasi Gampong (KIG), Diskominfotik Kota Banda Aceh melalui Bidang Pengelola Informasi Publik (PIP) melakukan koordinasi dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominsa) Provinsi Aceh di ruang kerja Bidang PIP, Selasa (03/08/2021).

Koordinasi dilakukan terkait program kegiatan seputar KIG, sharing pengalaman dan evaluasi kegiatan aktivitas KIG selama masa pandemi.

Kepala Diskominfotik Kota Banda Aceh, Fadhil, S.Sos, MM melalui Kepala Bidang Pengelola Informasi Publik Diskominfotik Kota Banda Aceh, Rahadian, ST mengatakan pentingnya KIG ini untuk meningkatkan informasi masyarakat secara terpadu dengan instansi.

“KIG dibentuk untuk meningkatkan koordinasi, integritas dan sinkronisasi pengembangan serta pemberdayaan kelompok informasi masyarakat secara terpadu dengan instansi, baik pemerintah maupun swasta, yang nantinya akan menjadi penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam hal penyampaian informasi dan penyalur aspirasi rakyat. Untuk itu kita akan tetap menjalin koordinasi yang harmonis, baik di tingkat provinsi hingga ke masyarakat gampong,” kata Dian.

Dalam kesempatan tersebut, Diskominsa Aceh melalui Kepala Seksi Hubungan Media Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominsa) Aceh, Haryati, S.Sos menyerahkan sebanyak 20 buah buku pedoman dan regulasi tentang perkembangan  keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) kepada Diskominfotik Banda Aceh yang nantinya akan disalurkan kepada KIG di kecamatan.

Haryati mengaku senang dapat menjalin silaturrahmi dan berkoordinasi dengan Diskominfotik Kota seputar perkembangan Kelompok Informasi Gampong (KIG).

“Koordinasi ini sekaligus menyerahkan buku Kelompok Informasi Gampong yang memang sudah kita cetak,  kita juga berkoordinasi dengan Diskominfotik kota mengenai perkembangan sembilan KIG dibawah binaan Diskominfotik kota yang semuanya masih aktif,” kata Haryati.

Selain itu, juga berkoordinasi mengenai keberhasilan-keberhasilan Diskominfotik kota mengenai media center, publikasinya dan lain-lain.

Haryati berharap, agar Diskominfotik kota  dapat mendukung dan membantu KIG-KIG yang ada di tingkat desa dan kecamatan untuk bisa berkembang  menjadi salah satu sarana dalam menyebarkan informasi di tingkat gampong.(Rid/Hz)

Facebook Comments