Tim PORA Imigrasi Banda Aceh Silaturrahmi Dengan Disdik Dayah Banda Aceh

Banda Aceh – Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA), Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh, melakukan silaturrahmi dengan Disdik Dayah Banda Aceh, Rabu (17/3/21).

Tim yang dipimpin oleh Awan ini diterima langsung Kepala Disdik Dayah Banda Aceh, Alizar Usman, S,Ag, M.Hum. Kehadiran Tim PORA ini dalam rangka sharing informasi terkait keberadaan santri dayah yang berasal dari luar negeri yang saat ini mondok di sejumlah Dayah/Pondok Pesantren di Banda Aceh.

Lebih lanjut, Awan mengatakan sebelum pandemi corona, banyak santri yang berasal dari Malaysia mondok di sejumlah Dayah yang ada di Banda Aceh seperti di Dayah Madinatul Fata Gampong Lampeot dan Dayah Nidhamul Fata, Gampong Lamlagang Kecamatan Banda Raya. Kini santri luar negeri yang ada di Banda Aceh hanya berkisar 20 % dari total sebelumnya.

“Untuk itu dinas terkait dapat melakukan pemantauan terhadap keberadaan mereka,” ungkap Awan.

“Memang selama ini kami minta sponsor langsung mengawasinya karna saat menerima santri asing, sponsor (dayah) bertanggungjawab penuh atas keberadaan santri asing,”tambahnya.

Sementara Alizar Usman yang lebih dikenal Abah Lam Ateuk, sangat senang atas kehadiran Tim PORA.

“Insya Allah kami juga akan membalas kunjungan ini,” ungkap Alizar.

Dalam pertemuan ini, nantinya Disdik Dayah Banda Aceh dapat memfasilitasi kemudahan pengurusan paspor kolektif yang mana pembuatannya langsung di Kantor Disdik Dayah Banda Aceh dengan ketentuan minimal 20 orang.

Kemudahan ini diberikan dalam rangka optimalisasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh. Turut mendampingi kunjungan Tim Pora Banda Aceh, Muhammad Syarif, SHI,.M.H Kabid SDM dan Manajemen serta Zaini, SKM Kasubbag Umum, Kepegawaian dan Aset (SM).

 

Facebook Comments