Serius Tingkatkan Pengelolaan SP4N LAPOR, Diskominfotik Kota Banda Aceh Jalin Koordinasi dengan Kementerian PAN-RB

Penyerahan Cinderamata dari Tim Analis Kebijakan Kemen PAN-RB kepada Kadis Kominfotik Banda Aceh

Banda Aceh- Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banda Aceh, Fadhil  S. Sos, MM melakukan koordinasi dengan Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) terkait upaya peningkatan kualitas Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional- Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N- LAPOR), Kamis (18/3/2021).

Koordinasi yang dilakukan di Ruang Rapat Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominsa) Provinsi Aceh tersebut turut diikuti oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik, Rahadian, ST, Kasi Pengelolaan Informasi dan Opini Publik, Raja Maghfirah, S.Sos, M.I.Kom. berserta para admin koordinator Pemerintah Kota Banda Aceh.

Dalam kesempatan tersebut, dihadapan tim analis kebijakan KemenPAN-RB Indra Setiawan,  dan Tim Analis Pengaduan Masyarakat, Novita Evayanti, Fadhil mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Banda Aceh sangat serius dan berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pengelolaan LAPOR. “Kami di Diskominfotik Banda Aceh sangat serius untuk bisa menguasai dan mengelola aplikasi ini, pejabat kami banyak yang baru, termasuk saya baru menjabat 3 bulan, tapi kami akan berusaha untuk terus belajar dan yakin bisa menjadi yang terbaik dalam pengelolaan LAPOR ini”, ujar Fadhil.

Ia juga menambahkan bahwa saat ini Diskominfotik Kota Banda Aceh selaku admin koordinator Pemerintah Kota Banda Aceh tengah melakukan update petugas Admin penghubung dari OPD. “ Kita intens berkoordinasi dengan OPD bilamana ada aduan warga yang masuk ke aplikasi, bahkan diawal tahun kemarin, melalui surat Sekda kita sudah lakukan update petugas Admin penghubung OPD untuk meminimalisir aduan yang tidak terselesaikan di aplikasi oleh petugas”.

Fadhil menyatakan siap untuk selalu diberikan arahan dan pendampingan baik dari provinsi maupun dari Tim Kementerian PAN-RB. “Kami ini dari Kabupaten/ Kota adalah anak-anaknya Provinsi, siap untuk diarahkan dan berharap untuk dapat selalu terjalin komunikasi dua arah, baik dari provinsi maupun dari pusat sehingga adrenalin kerja kita ada rasa asah asih asuh satu sama lainnya”, ujar Fadhil.

Menanggapi hal tersebut, Indra Setiawan selaku tim Analis kebijakan KemenPAN-RB memberikan apresiasi kepada Dinas Kominfotik Kota Banda Aceh yang dinilai serius dalam pengelolaan layanan LAPOR. “Kita butuh semangat dan rasa optimis seperti Kota Banda Aceh, karena yang terpenting dalam pengelolaan layanan ini adalah komitmen dan adanya kepahaman, mengingat aplikasi layanan ini akan terus ter upgrade dan memiliki beberapa fitur baru dari waktu ke waktu.”

Indra berharap, hasil monitoring yang dilakukan KemenPAN-RB terhadap pengelolaan SP4N LAPOR di Aceh dapat ditindaklanjuti oleh Kabupaten/ Kota di Aceh salah satunya dengan cara meminimalisir jumlah aduan yang tidak selesai, melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk pemanfaatan aplikasi LAPOR dan meningkatkan kualitas pelayanan publik lainnya. “Kalau semua indikasi penilaian layanan tercapai, tak tertutup kemungkinan, Provinsi Aceh dan Pemerintah Kota Banda Aceh akan tampil menjadi juara kompetisi LAPOR di tahun ini”, tutupnya. (Mir)

Facebook Comments