Kadis Kominfotik : Peningkatan Kapasitas SDM Dalam Penerapan Konsep Pembangunan ‘Pentahelix’

Banda Aceh – Kekuatan pembangunan suatu wilayah atau daerah sejatinya perlu mendapat dukungan dari para pihak, mengingat tidak mungkin percepatan pembangunan bisa tercapai hanya dengan peran satu pihak.

Berangkat dari hal tersebut, hadirlah konsep pembangunan ‘pentahelix’, dimana unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan.

“Membangun sebuah daerah tidak dapat dilakukan oleh pemerintah belaka, butuh keterlibatan para pihak seperti dalam konsep pentahelix,” kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banda Aceh, Fadhil S.Sos., MM saat melepas mahasiswa dalam program Kuliah Kerja Praktik (KKP) atau magang di ruang kerjanya, Jumat 12/03/2021.

Istilah ‘pentahelix, dimana ‘penta’ adalah lima dan ‘helix’ adalah jalinan. Jadi dengan kata lain pentahelix bisa dianalogikan sebagai Lima Unsur Kekuatan Pembangunan di  Kota Banda Aceh, tambahnya.

Peningkatan kapasitas bagi mahasiswa yang mengikuti program magang di kantor, seyogyanya merupakan bentuk nyata dari salah satu dari lima unsur ‘pentahelix’ yang diimplementasikan dalam pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia dan menjalin komunikasi dan kolaborasi dengan pihak universitas atau perguruan tinggi.

Sebelumnya, Diskominfotik Kota Banda Aceh juga telah menerima dua orang mahasiswi dalam program magang dari Universitas Syiah Kuala (USK) yang ditempatkan pada bidang Statistik Diskominfotik.

Kabid Statistik Nourchalis, SE mengatakan selama pelaksanaan program magang, kehadiran adik-adik mahasiswa telah sangat membantu kami dalam merapikan dan menginput data pada portal Open Data Kota Banda Aceh, dan semoga ilmu yang didapatkan dalam masa praktik di tempat kami dapat bermanfaat di kemudian hari.

Raudhatul Mahdani Yusuf dan Baiduri Orida Putri mahasiwi Jurusan Statistika, FMIPA, Universitas Syiah Kuala yang telah menyelesaikan program Kuliah Kerja Praktik (KKP) atau magang di Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Banda Aceh selama 30 hari kerja.

Baiduri Orida Putri salah seorang mahasiswi Jurusan Statistika, FMIPA, Universitas Syiah Kuala mengatakan terimakasihnya karena telah dibimbing dan dibina selama magang di Dikominfotik.

“Selama kami magang, banyak hal baru yang kami dapatkan, dan semoga hal ini dapat bermanfaat bagi kami di kemudian hari” Katanya.(Rat/Hz)

Facebook Comments