Tetap Siaga, Aktifitas Rutin Ceklist Armada Damkar

Banda Aceh – Peristiwa kebakaran kerap terjadi dan tak mengenal waktu, maka kesiapsiagaan armada pemadam kebakaran (Damkar) sering menjadi sorotan masyarakat terkait dengan pelayanan Damkar itu sendiri. Hal tersebut menjadi perhatian serius Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Banda Aceh.

Beberapa rutinitas petugas pada saat pergantian piket adalah pemeriksaan perlengkapan atau ceklist seluruh armada pemadam kebakaran beserta kelengkapannya dan ini menjadi tugas wajib seluruh anggota pada lima pos yang berada dalam wilayah Kota Banda Aceh.

Pemeriksaan atau ceklist seluruh armada pemadam kebakaran beserta kelengkapannya di setiap hari tugas siaga piket adalah mengecek apakah seluruh peralatan dapat berjalan dan berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak sehingga saat diperlukan dan digunakan berfungsi secara maksimal.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh Drs. Rizha, MM mengatakan, petugas piket berkewajiban melakukan ceklist atau pemeriksaan rutin armada pemadam kebakaran beserta kelengkapannya.

“Agar jika ditemukan adanya kendala maka dapat diatasi atau diperbaiki sesegera mungkin sehingga dalam pelaksanaan penanggulangan kebakaran yang berkemungkinan terjadi tidak ada hambatan,” katanya Sabtu (27/02/2021).

“Armada pemadam kebakaran beserta kelengkapannya tersebut adalah senjata kita untuk bertempur maka pemeriksaan ceklist dan perawatan menjadi prioritas yang paling utama,” tambahnya.(Rat/Hz)

Facebook Comments