Komitmen Aminullah untuk Keterbukaan Informasi Publik

Pemerintah Kota Banda Aceh dibawah kepemimpinan Aminullah Usman – Zainal Arifin terus berkomitmen dalam hal keterbukaan informasi publik. Berbagai terobosan dan inovasi pun dilakukan.

Satu bulan setelah dilantik sebagai Wali Kota Kota Banda Aceh, tepatnya Rabu 16 Agustus 2017, bekerjasama dengan 10 stasiun radio lokal, Wali Kota Aminullah meluncurkan sebuah layanan penyampaian informasi arus lalu lintas kepada masyarakat via radio yang diberi nama “Banda Aceh Traffic Update”.

Banda Aceh Traffic Update ini merupakan bagian dari program wali kota dalam rangka percepatan penyampaian informasi kepada masyarakat.

Informasi seputar arus lalu lintas ini disiarkan secara serentak melalui sepuluh radio setiap Senin sampai Jumat pada setiap jam 07.30, dan 17.00 WIB.

Program ini dimaksudkan agar masyarakat khususnya para pengendara kendaraan bermotor untuk dapat sedari awal mengantisipasi terjebak kemacetan pada jam-jam sibuk.

Harapannya, dengan adanya program ini juga dapat mengedukasi masyarakat dalam hal tertib berlalu-lintas.

Wali Kota Aminullah menyebutkan layanan ini merupakan salah satu cara yang digagas pihaknya untuk membantu mengatasi kemacetan dengan biaya yang relatif murah.

Dalam perjalanannya, “Banda Aceh Traffic Update” tidak hanya terbatas pada informasi seputar arus lalu lintas saja. Melalui program ini, berbagai informasi penting dari Pemerintah Kota kepada masyarakat pun dipancarkan melalui 10 radio di ibukota provinsi Aceh ini. Sebut saja imbauan Pemerintah Kota kepada warga untuk menghindari penyebaran berita bohong (hoaks), bahkan informasi seputar penyebaran Coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Dua bulan kemudian, tepatnya Rabu, 11 Oktober 2017, Aminullah kembali meluncurkan program ‘Wali Kota Menjawab’ di Pendopo Wali Kota Banda Aceh, kawasan Blangpadang.

Program ini merupakan cara Aminullah berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam menyelesaikan berbagai persoalan di kota.

Aminullah  berharap 10 radio lokal yang ikut mensupport program itu menjadi sarana dalam menjelaskan isu-isu terkini di Banda Aceh sehingga mansyarakat mendapat jawaban dan tanggapan langsung dari Pemerintah Kota.

Semua masalah yang menjadi keluh kesah warga kota selama ini seperti air bersih, perparkiran, dan berbagai persoalan lain, dapat terjawab dan diatasi dengan optimal serta memberi solusi permanen yang cepat dan tepat sasaran. (MA)

Facebook Comments