Adaptasi Kebiasaan Baru Dengan Optimalisasi Fungsi Keluarga

Banda Aceh – TP PKK Kecamatan Meuraxa menggelar kegiatan Adaptasi Kebiasaan Baru Dengan Optimalisasi Fungsi Keluarga di era adaptasi kebiasan baru kepada Ibu-ibu PKK dari 16 Gampong di kecamatannya.

Kegiatan yang berlangsung di Balee Kantor Camat Meuraxa, Senin (23/11/20) ini bekerjasama dengan Pegadaian dan Universitas Syiah Kuala.

Camat Meuraxa, Ardiansyah, S.STP, M.Si mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) melalui penerapan perilaku 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak) sedari keluarga.

Menurutnya, penerapan prokes harus dimulai dari unsur terkecil dalam sosial yaitu keluarga itu sendiri.

“Tentunya dimulai dari keluarga, ketika keluarga sudah kuat maka bagian lain akan terakomodir dengan baik,” jelasnya.

Ia mengaku, berbagai upaya telah dilakukan oleh pihaknya untuk menekan kasus Covid-19 dengan penerapan prokes yang ketat seperti rutin sosialisasi serta intensifkan razia di akhir pekan.

“Harapannya masyarakat terus proaktif dalam menjalankan prokes, sehingga kasus Covid bisa terus menurun,” harapnya.

Adapun pemateri yang didatangkan dalam sosialisasi kali ini kata Ketua TP PKK Kecamatan Meuraxa, Ns. Neti Hartaty, M.Kep., Sp.Kep.Kom yaitu Ns. Husna Hidayati, MNS, Ns. Syarifah Atika, M.Kep dari Bagian keilmuan keperawatan keluarga, Fakultas Keperawatan (FKep) Unsyiah serta Dahlil dari pendamping desa.

Dalam kesempatan yang sama, Vice President PT Pegadaian Syariah Area Aceh Ferry Hariawan turut mengapresiasi atas kegiatan yang dilakukan pihak kecamatan Meuraxa ini. Pasalnya pemerintah pusat telah lama mencanangkan adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi ini.

“Dengan adanya sosialisasi seperti ini masyarakat makin aware, bukan hanya sekedar tahu tapi betul-betul mematuhi prokes ini. Ini berkaitan dengan kegiatan perekonomian, kalau masyarakat patuh dengan prokes, ekonomi bisa berjalan normal harapannya.”(Ah/Hz)

Facebook Comments