Disdikbud Banda Aceh Sembelih 72 Ekor Hewan Qurban di Masa Pandemi

Banda Aceh – Menyambut hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan menyembelih sebanyak 72 ekor hewan kurban. Proses penyembelihan hewan kurban tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 1-3 Agustus 2020 atau bertepatan dengan 11-13 Dzulhijjah 1441 H.

Penyembelihan hewan kurban tersebut akan berlangusng di Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah pertama (SMP) se Kota Banda Aceh dan puncaknya dilaksanakan di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada hari Senin, 3 Agustus 2020.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh, Dr. Saminan Ismail, M.Pd menyampaikan bahwa banyak pelajaran yang bisa diambil dari peristiwa Idul kurban, salah satu bentuk ketaqwaan kepada Allah SWT. “Dengan ibadah kurban, kita akan mengajarkan kepada warga sekolah tentang ketaatan Nabi Ibrahim dan Ismail dalam menjalankan perintah Allah SWT dan kita dapat menanamkan nilai-nilai karakter tentang ibadah kurban kepada peserta didik serta pelajaran-pelajaran lain yang berkenaan dengan ibadah kurban,”ujarnya pada Rabu (29/07/2020).

Pelaksanaan ibadah kurban ini merupakan kegiatan rutin setiap pada perayaan hari Raya Idul Adha di lingkungan Disdikbud Kota Banda Aceh, walaupun tahun ini mengalami penurunan dari segi jumlah hewan kurban yang disembelih dikarenakan pengaruh wabah Covid-19 yang sedang  dihadapi.

“Semangat berkurban dari warga sekolah tidaklah surut, semoga dengan ibadah kurban dapat dikabulkan doa-doa anak bangsa agar sekolah dapat dibuka dengan segera dan Covid-19 ini segera diangkat oleh Allah SWT dari muka bumi ini,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Saminan mengatakan dari 72 ekor hewan kurban tersebut terdiri dari 56 ekor sapi dan 16 ekor kambing. Nantinya daging kurban tersebut akan dibagi-bagikan kepada penerima yang telah didata oleh masing-masing satuan pendidikan. Panitia pelaksana kurban juga telah mempersiapkan kupon pengambilan dan telah membagikannya.

“Untuk proses pengambilan daging kurban, kami juga telah memberi arahan kepada panitia pelaksana untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.” tutupnya.(TM/Hz)

Facebook Comments