Pentingnya Tensi Darah Sebelum Melaksanakan TKJ

Banda Aceh – Para ahli kesehatan mengatakan sangalah penting untuk sebelum atau sesudah olahraga mengecek tekanan darah dan elektro kardio gram (EKG).

Hal ini pengecekan tensi darah dilakukan oleh peserta tes kesamaptaan jasmani berkala T.A. 2024 tingkat Polresta Banda Aceh.

Kapolresta Banda Aceh melalui Kasi Dokkes dr. Amalia mengatakan, sebelum melaksanakan Sircuit Training terlebih dahulu melaksanakan pemeriksaan tekanan darah secara rutin. Hal ini sangatlah penting untuk mencegah terjadinya penyakit/cidera saat berolahraga.

“Kita ketahui bahwa angka pada pemeriksaan tekanan darah itu ada 2 (dua), yakni angka bagian atas (Sistolik) dan angka bagian bawah (Diastolik),” ucap Amalia.

Lebih lanjut Kasi Dokkes menyampaikan hal lain yang penting diperiksa adalah denyut nadi sebelum berolahraga. Denyut nadi normal antara 60-100 x/menit.

Bila saat sebelum berolahraga berat denyut nadi lebih dari 100 maka sebaiknya jangan berolahraga berat/lama. Sebab dapat mengakibatkan frekuensi denyut nadi sangat cepat, mencapai 200 kali atau lebih per menitnya, tambahnya.

Dengan kenaikan tekanan darah bisa menimbulkan gangguan kesehatan, bahkan kematian. Jadi kita harus mengetahui tujuan kita berolahraga untuk apa dan sampai mana batas kemampuan kita,” jelas dr. Amalia.[]

Facebook Comments