Diskominfotik Ikuti FGD dan Pembinaan Statistik Sektoral

*Bahas Finalisasi Publikasi Kota Banda Aceh Dalam Angka 2024

Banda Aceh – Dalam rangka finalisasi penyusunan publikasi ”Kota Banda Aceh Dalam Angka 2024” yang akurat dan terpercaya, BPS Kota Banda Aceh mengadakan Focus Group Discussion (FGD) terkait data-data yang berasal dari berbagai dinas/instansi/lembaga di lingkungan Kota Banda Aceh, Rabu (21/2/2024).

FGD yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banda Aceh ini dilaksanakan di Aula Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh. Turut dihadiri oleh OPD di lingkungan Pemko Kota Banda Aceh.

“Pembinaan statistik sektoral pemerintah daerah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan keandalan data statistik sektoral di daerah serta mewujudkan tata kelola data statistik sektoral yang baik dan terstandarisasi di daerah,” jelas Kepala BPS Kota Banda Aceh Tedi Herdiawan, S. Sos, M.A.P.

Pembinaan statistik sektoral ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. “Serta Peraturan BPS Nomor 19 Tahun 2019 tentang Pembinaan Statistik Sektoral”.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Statistik Diskominfotik Kota Banda Aceh Jauhari, S.Sos menyebutkan bahwa FGD ini bermanfaat untuk meningkatnya kualitas dan keandalan data statistik sektoral.

“Selain itu juga diharapkan terwujudnya koordinasi dan sinergi yang kuat antara BPS dan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan statistik serta tersedianya data statistik sektoral yang akurat dan terkini untuk mendukung pengambilan kebijakan dan perumusan program pembangunan daerah,” sebutnya.

“Pembinaan statistik sektoral ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas data statistik dan mewujudkan SDI di tingkat daerah. Maka dari itu, upaya ini memerlukan komitmen dan kerja sama dari semua pihak terkait,” tutupnya. (Hz)

Facebook Comments