Kunjungi Baitul Mal Kota Banda Aceh, BMK Simeulue Belajar Pengelolaan Dana ZIS

Banda Aceh  – Baitul Mal Kota Banda Aceh menerima kunjungan Baitul Mal Kabupaten Simeulue dalam rangka untuk belajar banyak terkait dengan pengelolaan dana Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS). Seperti pengelolaan dana ZIS untuk ekonomi produktif dan juga penyaluran ZIS pada program-program regular BMK Banda Aceh.

“Baitul Mal Kota Banda Aceh menyalurkan zakat pada program-program regular BMK Banda Aceh, seperti fakir uzur, beasiswa dan setiap tahunnya juga Baitul Mal Kota Banda Aceh membantu membiayai pembangunan rumah layak huni bagi keluarga kurang mampu di Kota Banda Aceh,” ujar Ketua Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Suria Darma S.Pdi, Senin (29/1/2024).

Rombongan yang datang antara lain Ketua Badan BMK Simeulue, Tgk Supriadi dan Kepala Sekretariat BMK Simeulue disambut hangat oleh Ketua Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Suria Darma SPd.I dan Anggota Badan, Dra Hj Aisyah M Ali MPd.

“Sementara itu, untuk program ekonomi produktif kesulitan yang kami alami selama itu adalah pada pendampingannya. Perlu kami gandeng lembaga-lembaga mikro,” ucap Suria.

Dijelaskan, dulu sudah ada program untuk peningkatan ekonomi yaitu pemberian becak, dengan, tapi pada kenyataanya, becaknya hilang bahkan penerima becaknya masih juga ada beberapa yang tidak bayar lagii iuran yang telah ditetapkan sebesar Rp 10.000/ hari.

Terkait pembangunan rumah, Ketua PPTK Baitul Mal Kota Banda Aceh, Syarliansyah juga menjelaskan, setiap tahun Baitul Mal Kota Banda Aceh membiayai pembangunan rumah baru sebanyak 20 rumah.

“Alhamdulillah tidak ada masalah dengan BPK, karena kita menguatkan dengan surat pernyataan,” katanya.

Sementara Aisyah M Ali mengatakan, di Baitul Mal Kota Banda Aceh juga ada program Daurah Tahfidz Quran. Program ini mulai terbentuk ketika kami mendatangi keluarga mustahik fakir uzur, ternyata di dalam keluarga ini juga anak-anak mereka tidak sanggup untuk ikut mengaji tahfiz sehingga kami berinisiatif untuk membuat program daurah.(MR)

Facebook Comments